Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Begini Cara Mengirim Uang Lewat Western Union

Lewat Western Union, Anda tidak perlu membuka rekening bank untuk mengirim atau menerima uang. Hal ini berbeda dengan bank, Anda hanya perlu menunjukkan kartu identitas saja untuk mengirim uang lewat Western Union.

Perusahaan ini berbasis di Colorado, Amerika Serikat, dan sudah beroperasi di lebih dari 200 negara dan wilayah, termasuk di Indonesia.

Secara keseluruhan, Western Union memiliki lebih dari 500.000 agen yang tersebar di seluruh dunia.

Cara Kerja Western Union

Untuk diketahui, Western Union sudah ada sejak tahun 1800an sebagai sebuah perusahaan dengan bisnis utama yakni telegraf. Pada tahun 1861, perusahaan untuk pertama kalinya berhasil menjalankan layanan pengiriman telegraf antar wilayah di Amerika.

Pada tahun 1871, layanan tersebut pun kemudian berkembang menjadi layanan pengiriman uang yang bertumpu pada sistem telegraf yang mereka miliki.

Hingga akhirnya, perusahaan berinovasi untuk meninggalkan bisnis telekomunikasi di tahun 1980an dan fokus beralih ke layanan pengiriman uang ke luar negeri.

Cara kerja Western Union sebenarnya cukup mudah dan tak memakan waktu yang lama untuk uang Anda terkirim ke tujuan yang Anda inginkan.

Bila Anda ingin mengirim uang lewat Western Union, Anda tidak perlu mendatangi kantor cabang Western Union. Anda tinggal mendatangi agen-agen perusahaan layanan pengiriman uang tersebut.

Di Indonesia, agen Western Union beberapa di antaranya yakni kantor Pos Indonesia, Pegadaian, beberapa bank lokal, bahkan minimarket seperti Indomaret.

Lalu? Berapa biaya transaksi yang ditarik bila menggunakan layanan Western Union?

Laman resmi perusahaan tidak mencantumkan biaya layanan yang ditarik bila menggunakan layanan mengirim uang. Namun, dilansir dari encyclopedia.com, biaya mengirim uang yang dibebankan ketika menggunakan layanan Western Union bisa mencapai setidaknya 10 persen bila Anda mengirim uang dalam nilai kecil.

Cara Mengirim Uang Lewat Western Union

Untuk diketahui, terdapat beberapa opsi layanan mengirim uang yang disediakan oleh Western Union, yakni Money in Minutes yang merupakan layanan transfer dan mengharuskan penerima mengambil uang melalui agen Western Union, layanan transfer ke rekening bank yang akan diterima langsung melalui rekening bank penerima, serta layanan transfer melalui nomor handphone yang akan diterima melalui perangkat seluler penerima.

Secara lebih rinci, cara mengirim uang lewat Western Union adalah sebagai berikut:

Transfer ke Nomor Telepon

Western Union menyediakan layanan mengirimkan uang ke nomor ponsel di beberapa negera tertentu, yakni Afghanistan, Bangladesh, El Salvador, Guatemala, Kenya, Madagaskar, Paraguay, Filipina, Tanzania, Vietnam, serta Uganda.

https://money.kompas.com/read/2021/11/05/140910226/mudah-begini-cara-mengirim-uang-lewat-western-union

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke