Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Balok Beton Proyek Kereta Cepat Dipasang Pakai Mesin Canggih, Apa Itu?

Bagi yang kerap melintasi Tol Jakarta-Cikampek, pasti sudah tidak asing lagi dengan pemandangan tiang-tiang beton Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang menjulang di sisi jalan tol.

Di atas tiang tersebut, terpasang beberapa jenis mesin raksasa berteknologi canggih. Itulah mesin bernama Girder Launcher yang mirip permainan lego.

Girder Launcher tersebut berfungsi untuk menyusun dan memasang satu per satu girder box sampai tersambung di antara tiang-tiang beton, yang menyusun struktur jembatan lintasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

“Saat ini kami sudah melakukan pemasangan girder box untuk menyambungkan struktur layang pada trase dengan menggunakan Girder Launcher,” kata Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Jumat (5/11/2021) dalam keterangan resminya.

“Dan ini akan terus berlangsung sampai semua girder box terpasang di seluruh pier Kereta Cepat Jakarta-Bandung,” sambungnya.

Seperti yang dikatakan Dwiyana, Girder Launcher merupakan teknologi yang berperan penting dalam kelancaran percepatan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang ditargetkan beroperasi di akhir 2022.

Dengan penggunaan Girder Launcher, proses konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa tetap terlaksana tanpa harus mengganggu lalu lintas di sekitar titik konstruksi.

“Karena lokasinya yang berada di lokasi padat dan ramai, efisiensi pengerjaan menjadi fokus yang sangat penting. Jadi proses instalasi girder box dengan Girder Launcher ini tidak akan berdampak besar pada lalu lintas di sekitarnya,” jelasnya.

Dwiyana menambahkan, pemasangan girder box sudah berhasil dilakukan di 3 Casting Yard berbeda, yaitu Cikarang, Karawang, dan Bandung. Ia mengatakan kalau proses instalasi girder box di tiga lokasi tersebut berjalan secara cepat, efisien, dan tanpa hambatan.

Girder Launcher yang digunakan untuk struktur layang Kereta Cepat Jakarta-Bandung adalah Box Girder Erection Machine produksi pada tahun 2020, yang dirancang untuk mampu mengangkat beban hingga 900 ton.

Mesin dengan motor listrik sebagai penggerak ini, memiliki tingkat angkat kurang lebih 8 meter dengan kecepatan angkat mencapai 0,8 sampai 0,9 meter/menit.

Tentunya, Girder Launcher tersebut sudah melalui tahap uji dan dinyatakan layak untuk digunakan untuk pengerjaan konstruksi layang Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

“Kami menggunakan Box Girder Erection Machine yang sudah melalui tahap pengujian dan dinyatakan layak digunakan. Launcher ini mampu mengangkat beban sampai 900 ton dan memiliki kecepatan angkat 0,8- 0,9 meter per menit,” ujarnya.

“Ini adalah mesin laucher terbesar yang pernah digunakan di Indonesia yang mampu menyelesaikan pemasangan girder box dengan lebih cepat dan efisien” papar Dwiyana.

Secara teknis, girder box yang dipasang pada struktur layang Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diangkut dari tiga pabrik (casting yard) berbeda, yaitu Karawang, Cikarang, dan Bandung.

Kemudian, girder box tersebut akan diangkut ke atas batang pier menggunakan Beam Lifting Crane. Lalu, proses instalasi girder box akan berlangsung di atas batang pier menggunakan Girder Launcher yang sebelumnya telah terpasang.

https://money.kompas.com/read/2021/11/05/181242326/balok-beton-proyek-kereta-cepat-dipasang-pakai-mesin-canggih-apa-itu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke