Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani: Ada Berapa Menteri Keuangan Perempuan di G20?

Di dalam pertemuan tersebut, ia pun bertemu dengan rekannya sesama menteri keuangan dari 20 negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Dari seluruh negara itu, hanya lima negara dengan menteri keuangan perempuan. Sri Mulyani pun mengungkapkan hal tersebut melalui akun instagramnya, @smindrawati.

"Ada berapa Menteri Keuangan perempuan di G20? Jawaban: Lima," ujar dia seperti dikutip dari akun instagramnya.

Kelimanya, adalah menteri keuangan perempuan pertama di masing-masing negaranya.

"Mereka semua adalah Menteri Keuangan perempuan pertama kali di negaranya,: ujar Sri Mulyani.

Setelah menghadiri KTT G20, Sri Mulyani pun bertolak ke Glasgow, Skotlandia, untuk menghadiri acaran COP26. Di acara tersebut, Sri Mulyani mengatakan, ia dan Freeland membahas kerjasama dan dukungan Canada untuk Indonesia dalam presidensi G20 2022.

"Chrystia membagikan pengalaman Canada menerapkan agenda climate change yang ambisius dan penerapan Carbon market yang tidak mudah. Pilihan kebijakan publik selalu kompleks dan menimbulkan konsekwensi yang rumit. Chrystia juga sangat passionate membahas mengenai pemberdayaan perempuan dan perlidungan anak dalam pembangunan," jelas Sri Mulyani.

"Chrystia pernah menjabat Menteri Luar Negeri Canada, dan berteman dengan Menlu @retnomarsudi - jadi kami memiliki kawan bersama," ujar dia.

Untuk diketahui, berdasarkan data UNWomen, partisipasi perempuan di dalam posisi pemerintahan masih cenderung rendah. Hanya 21 persen perempuan yang menjabat posisi menteri atau setara menteri di pemerintahan. Secara keseluruhan, hanya 14 negara yang porsi perempuan di kabinetnya mencapai 50 persen.

UNWomen pun mencatat, dengan peningkatan hanya sebesar 0,52 poin persentase setiap tahun, kesetaraan gender di posisi menteri tidak akan tercapai sebelum tahun 2077.

Posisi menteri yang umumnya diduduki oleh perempuan yakni terkait dengan keluarga/anak/pemuda/penduduk tua/disabilitas, diikuti oleh posisi menteri sosial, lingkunghan hidup, dan energi, baru kemudian ketenagakerjaan dan isu-isu terkait perempuan.

https://money.kompas.com/read/2021/11/05/185534226/sri-mulyani-ada-berapa-menteri-keuangan-perempuan-di-g20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke