Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Daftar Kartu Anak Jakarta Agar Dapat Bantuan Rp 300.000/Bulan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki program yang diberi nama Kartu Anak Jakarta (KAJ). Program bantuan ini menyasar kepada anak dari keluarga prasejahtera berusia 0-6 tahun.

Kartu Anak Jakarta merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap perkembangan anak usia dini. KAJ diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar anak seperti susu, makanan bergizi, dan keperluan penunjang lain yang mendukung tumbuh kembang anak.

Bantuan dalam program ini diberikan dalam bentuk uang sebesar Rp 300.000 per bulan selama satu tahun dan dapat dicairkan melalui ATM Bank DKI.

Selain dana tunai, manfaat lain yang didapatkan penerima KAJ adalah akses gratis naik Transjakarta, kemudahan membeli pangan bersubsidi, hingga terdaftar secara otomatis sebagai anggota JakGrosir.

Lantas, bagaimana cara daftar Kartu Anak Jakarta?

Berikut kriteria dan cara daftar Kartu Anak Jakarta yang dikutip Kompas.com dari laman jakarta.go.id pada Jumat (5/11/2021):

Cara Daftar Kartu Anak Jakarta

Penerima KAJ ditetapkan melalui musyawarah kelurahan di wilayah masing-masing yang kemudian diverifikasi dan divalidasi oleh Pusdatin Jamsos Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta.

Jika menemukan anak yang membutuhkan bantuan KAJ namun tidak terdaftar atau menemukan kasus penyalahgunaan, informasikan hal tersebut secara tertulis kepada Lurah dan Petugas Pusdatin Jamsos.

Syarat Pengambilan Kartu Anak Jakarta

Penyaluran bansos bagi anak dilaksanakan dengan cara mentransfer ke rekening orang tua atau wali anak. Berdasarkan informasi yang disampaikan Dinas Sosial Jakarta, pencairan dana KAJ dapat dilakukan dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut:

  1. Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua (fotokopi dan asli);
  2. Membawa Kartu Keluarga (KK) (fotokopi dan asli);
  3. Membawa akta kelahiran anak (fotokopi dan asli).

Pemberian dana KAJ dilakukan tanpa pungutan biaya apapun. Apabila ditemukan kasus demikian, silakan melapor lewat Call Center di nomor 021-4265225 atau lewat WhatsApp 0821-11420717.

https://money.kompas.com/read/2021/11/05/211500226/cara-daftar-kartu-anak-jakarta-agar-dapat-bantuan-rp-300.000-bulan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke