Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tagihan Pajak Capai Rp 213 Triliun, Elon Musk Bakal Jual Saham Tesla

NEW YORK, KOMPAS.com - CEO Tesla Elon Musk memiliki tagihan pajak sebesar 15 miliar dollar AS atau sekitar Rp 213 triliun (kurs Rp 14.200). Dilansir dari CNBC, Senin (8/11/2021), hal ini pun membuat Musk mempertimbangkan menjual saham Tesla yang ia dapatkan dari opsi saham tahun ini.

Melalui akun Twitternya, ia mengungkapkan sebuah jajak pendapat kepada 62,7 juta pengikutnya mengenai kemungkinan dirinya untuk menjual 10 persen dari saham Tesla.

"Belakangan ini banyak diperbincangkan mengenai laba yang belum terealisasi (unrealized gains) sebagai cara menghindari pajak, jadi saya berencana menjual 10 persen saham. Apakah Anda mendukung ini?," ujar Musk lewat akun Twitternya.

Hingga berita ini dinaikkan, hasil pemungutan suara yang dilakukan oleh Musk yakni sebanyak 57,9 persen setuju Musk menjual 10 persen sahamn Tesla, sementara sebanyak 42,1 persen tak setuju.

Meski demikian sebenarnya, seberapapun besar hasil pemungutan suara, Musk nampaknya tetap harus menjual jutaan saham yang ia miliki di tahun ini.

Alasannya, tagihan pajak yang harus ia bayarkan jumlahnya lebih dari 15 juta dollar AS.

Untuk diketahui, kekayaan Musk saat ini sebagian besar bersumber dari opsi saham yang ia dapatkan dari Tesla. Ia mendapatkan hak opsi saham sejak tahun 2012 sebagai bagian dari kompensasi yang ia dapatkan sebagai CEO Tesla.

Musk diketahui tidak mendapatkan gaji atau insentif tambahan dalam bentuk uang tunai.
Pada tahun 2012 lalu, ia mendapatkan opsi saham sebesar 22,8 juta saham dengan nilai 6,24 dollar AS per saham.

Pada perdagangan Jumat (5/11/2021) lalu, harga saham Tesla berada di kisaran 1.222,09 dollar AS per keping. Artinya, keuntungan yang didapatkan dari peningkatan harga saham tersebut menjadi 28 miliar dollar AS.

Di sisi lain, perusahaan juga baru-baru ini mengungkapkan Musk telah mengambil pinjaman dengan menggunakan sahamnya sebagai jaminan. Dengan melakukan penjualan harga saham Tesla, Musk mungkin bakal akan membayar sebagian dari kewajiban utang tersebut.

https://money.kompas.com/read/2021/11/08/124224926/tagihan-pajak-capai-rp-213-triliun-elon-musk-bakal-jual-saham-tesla

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke