Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Permintaan Masih Terbatas, Penjualan Eceran Menurun pada September 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei penjualan eceran (SPE) Bank Indonesia (BI) menunjukan, kinerja penjualan eceran mengalami penurunan atau terkontraksi pada September 2021.

BI mencatat, indeks penjualan riil (IPR) pada September 2021 terkontraksi 1,5 persen secara bulanan (month to month/mtm) menjadi 189,5.

Penurunan tersebut utamanya disebabkan oleh kelompok suku cadang dan aksesori yang terkontraksi 6,3 persen, perlengkapan rumah tangga lainnya terkontraksi 7,8 persen, serta makanan, minuman, dan tembakau yang terkontraksi 1,7 persen.

"Responden menyatakan penurunan tersebut disebabkan oleh permintaan masyarakat yang masih terbatas," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangannya, Selasa (9/11/2021).

Di sisi lain, kinerja penjualan eceran kelompok bahan bakar kendaraan bermotor tercatat meningkat pesat, yakni sebesar 19,6 persen secara mtm.

"Sejalan dengan membaiknya mobilitas seiring pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas di berbagai wilayah," kata Erwin.

Secara tahunan, kinerja penjualan eceran pada September 2021 mengalami kontraksi 2,2 persen (year on year/yoy), tidak jauh berbeda dari pertumbuhan -2,1 persen yoy pada bulan sebelumnya.

Kendati demikian, BI memproyeksikan, penjualan eceran pada Oktober 2021 diprakirakan tumbuh meningkat sebesar 1,8 persen secara bulanan.

Peningkatan tersebut diproyeksi ditopang oleh kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya, kelompok suku cadang dan aksesori serta makanan, serta minuman dan tembakau.

"Responden menyatakan kenaikan kinerja penjualan sejalan dengan mulai meningkatnya permintaan masyarakat seiring pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas serta didukung kelancaran distribusi," ucap Erwin.

https://money.kompas.com/read/2021/11/09/130621026/permintaan-masih-terbatas-penjualan-eceran-menurun-pada-september-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke