Salin Artikel

Alpha JWC Ventures Himpun Dana Investasi Sebesar Rp 6,1 Triliun

JAKARTA, KOMPAS.com - Firma modal ventura Alpha JWC Ventures yang fokus pada pendanaan awal di perusahaan rintisan (startup) menutup Fund III dengan perolehan himpunan dana investasi senilai 433 juta dollar AS atau setara dengan Rp 6,1 triliun (kurs Rp 14.250 per dollar AS).

Total pendanaan tersebut diperoleh dari berbagai investor global dan regional, termasuk International Finance Corporation (bagian dari Grup Bank Dunia) dan Morgan Stanley Alternative Investment Partners.

Dari keterlibatan investor tersebut menjadikan Assets Under Management (AUM) Alpha JWC Ventures mencapai 630 juta dollar AS atau setara Rp 8,9 triliun.

“Terlepas dari pandemi yang sedang berlangsung, hingga saat ini perusahaan portofolio Alpha JWC Ventures secara kolektif mengumpulkan lebih dari satu miliar dolar AS pada tahun 2021,” kata Co-Founder dan General Partner Alpha JWC Ventures, Chandra Tjan dalam siaran pers, Selasa (9/11/2021).

Chandra mengatakan, Alpha JWC Ventures turut mengantarkan tiga perusahaan portofolio mencapai status Unicorn, seperti Kredivo, Carro, dan Ajaib. Alpha JWC Ventures juga mencatat sebelas perusahaan portofolio lainnya yang mendekati status Unicorn.

Chandra menjelaskan, perusahaan modal ventura (venture capital atau VC) yang berbasis di Indonesia tersebut, selama lima tahun terakhir telah melakukan investasi di puluhan startup di berbagai negara, mencakup Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Meski memiliki jangkauan regional, Alpha JWC Ventures sebagai firma asal Indonesia akan terus memberikan fokus lebih kepada startup dan founder Indonesia.

Dana dari Fund III ini akan digunakan untuk melanjutkan misi Alpha JWC Ventures dalam menemukan dan membangun perusahaan-perusahaan teknologi terbaik di Asia Tenggara dan Indonesia.

Selain itu, dana kelola yang lebih besar ini memungkinkan Alpha JWC Ventures untuk memperluas jangkauan sektor dan jumlah investasinya, mulai dari ratusan ribu dollar AS hingga 60 juta dollar dalam bentuk pendanaan bertahap.

“Sejak awal pendirian Alpha JWC Ventures, kami ingin membawa Indonesia dan Asia Tenggara menjadi pusat ekonomi digital dunia yang baru. Perjalanan kami dan portofolio Alpha JWC Ventures selama ini membuktikan startup Indonesia dan Asia Tenggara mampu bersaing di kancah global. Kami akan terus berada di garis depan sebagai pembawa perubahan dan tidak berhenti di sini,” jelas dia.

Co-Founder dan General Partner Alpha JWC Ventures Jefrey Joe mengungkapkan, dengan pendanaan yang lebih besar, pihaknya dapat meningkatkan upaya untuk mendukung dan mendampingi para founders menciptakan perusahaan yang sukses dan berdampak positif di Indonesia dan Asia Tenggara.

“Kami telah dan akan terus bekerja keras untuk menjadi partner yang terpercaya bagi startup kami. Dengan fund yang lebih besar, kami dapat meningkatkan upaya untuk mendukung dan mendampingi para founders menciptakan perusahaan yang sukses dan berdampak positif di Indonesia dan Asia Tenggara,” jelas Joe.

Meskipun pandemi belum usai, 2021 telah menjadi tahun yang membanggakan bagi Alpha JWC Ventures dan portofolionya.

Secara kolektif, perusahaan portofolio Alpha JWC Ventures telah berhasil menghimpun pendanaan senilai lebih dari 1 miliar dollar AS tahun ini.

https://money.kompas.com/read/2021/11/09/173929126/alpha-jwc-ventures-himpun-dana-investasi-sebesar-rp-61-triliun

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.