Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lewat Program Ini, Wirausahawan Bisa Konsultasi Terkait Merek dan Lisensi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI (Kemenkop UKM) berkolaborasi untuk meluncurkan program peningkatan skala usaha bagi wirausaha melalui jaringan bisnis.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, pihaknya terus mendorong peningkatan kualitas wirausaha selama pandemi Covid-19.

Menurut dia, wirausaha penting di negeri ini sebagai upaya dan solusi dalam menangani perekonomian nasional sebagai dampak Covid-19 yang melanda Indonesia.

"Kami juga berharap, dari hasil kolaborasi dengan ASENSI ini tercipta proses bisnis yang dapat dikembangkan sehingga terbangun ekosistem dan energi positif dalam rangka pengembangan kewirausahaan nasional yang kokoh,” ujar Teten dalam siaran resminya, dikutip Kompas.com, Rabu (10/11/2021).

Sementara itu, Ketua Umum ASENSI Susanty Widjaya mengatakan, pihaknya terus dan akan selalu mendukung peningkatan wirausaha pelaku UKM di Tanah Air.

Menurut dia, program ini sesuai dengan visi dan misi mereka yakni pemberdayaan lsiensi merek dan produk lokal, serta peningkatan skala usaha agar wirausaha merek dan produk lokal bisa terus berkembang secara nasional dan internasional.

"Diharapkan wirausaha merek dan produk lokal dapat menjadi lebih semangat di masa pandemi ini, sehingga juga dapat meningkatkan omzet melalui network,” kata Susanty.

Susanty menjelaskan, lewat program ini para wirausaha akan mendapatkan materi-materi pelatihan dari bisnis dan konsultasi langsung dengan para pengajar.

Termasuk persiapan untuk menuju kepada bisnis, baik merek atau produk yang dapat dimitrakan atau dilisensikan.

“Dari hasil edukasi dan kolaborasi ini diharapkan bisa membangun suatu ekosistem dan energy positif seperti bersama dengan Jababeka Residence salah satunya dalam rangka pengembangan kewirausahaan nasional yang kokoh untuk Wirausaha Indonesia Maju," jelas Susanty.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Jababeka Residence Sutedja Sidarta Darmono, menyambut baik dan adanya kegiataan untuk kemajuan UKM di Indonesia dan menyampaikan dukungannya kepada ASENSI.

Sutedja mengatakan, ke depannya, Jababeka Residence akan berkolaborasi dengan ASENSI untuk membuka Sentra UKM di Hollywood Junction, Jababeka yang letaknya strategis dan mudah diakses.

Ini sebagai respons positif Jababeka mendukung program kegiatan Gerak Bersama ASENSI dan Kemenkop juga mendukung UKM di Indonesia.

Menurut dia, dengan adanya pusat UKM nantinya di Jababeka, maka pihaknya pun ikut memberikan perhatian terhadap UKM di Tanah Air.

https://money.kompas.com/read/2021/11/10/154257826/lewat-program-ini-wirausahawan-bisa-konsultasi-terkait-merek-dan-lisensi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke