Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Strategi Kemenkes Ciptakan Kemandirian di Bidang Kesehatan

Plt Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Arianti Anaya mengatakan, berbagai langkah strategis telah disiapkan untuk mewujudkan kemandirian tersebut.

Pertama, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan fokus melakukan riset terhadap alat kesehatan dan obat-obatan, baik yang sudah tersedia ataupun masih dalam tahap pengembangan. Hal ini dilakukan guna meningkatkan produksi, sehingga pada akhirnya dapat menjaga ketersediaan stok.

"Misal mesin PCR, antigen, reagen, ini juga kemarin kita sempat kewalahan. Ini harus menjadi fokus," kata Arianti dalam gelaran Kompas100 CEO Forum 'Health Care Industry Post Pandemic', Rabu (10/11/2021).

Arianti menyebutkan, saat ini anggaran riset di bidang kesehatan masih sangat rendah. Oleh karenanya, pada tahun 2022, Kementerian Kesehatan berencana meningkatkan anggaran riset bidang kesehatan.

"Anggaran riset kita masih 0,2 persen. Ini di tahun 2022 Bapak Menkes (Budi Gunadi Sadikin) sudah meminta agar riset untuk ketersediaan farmasi dan alat kesehatan diberikan anggaran khusus," tuturnya.

"Jadi produsen seperti Biofarma, Kalbe Farma, dan industi-industri lain yang akan melakukan riset itu bisa dibantu oleh pemerintah," tambahnya.

Selain itu, pemerintah juga berencana meningkatkan jenis vaksin yang dapat diproduksi di dalam negeri. Bukan hanya jenisnya, pemerintah juga memperluas produsen dalam negeri, sehingga produksi vaksin menjadi lebih cepat.

"Kita mendorong supaya industri vaksin punya lebih banyak lagi. Sehingga kita bisa memproduksi semua platform vaksin di sini," kata Arianti.

Untuk meningkatkan kemampuan industri kesehatan nasional, pemerintah juga terus berupaya memikat investor. Hal ini dilakukan dengan cara memperkuat pasar industri kesehatan nasional.

"Kalau pasar tidak disiapkan, industri tidak menarik," ujar Arianti.

Oleh karenanya, penguatan pasar dalam negeri dilakukan melalui kolaborasi antara pemerintah dan industri terkait.

"Kita ingin ke depannya industri kita mampu mandiri. Karena kita ingin tentunya tidak terpuruk lagi seperti yang lalu," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2021/11/10/154635826/ini-strategi-kemenkes-ciptakan-kemandirian-di-bidang-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke