Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mulai Tahun Depan, Pesan Tiket KRL Bisa Lewat Aplikasi Gojek

JAKARTA, KOMPAS.com - Platfom layanan jasa dan transaksi pembayaran digital, Gojek telah berkolaborasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI).

Kolaborasi ini berupa integrasi tiket KRL dengan layanan on-demand melalui aplikasi Gojek. untuk solusi perjalanan secara menyeluruh.

"Kolaborasi dengan PT KCI ini merupakan langkah awal kami untuk bisa menghubungkan transportasi publik ke dalam ekosistem Gojek," kata Co-Founder dan CEO Gojek Kevin Aluwi melalui keterangan persnya, Rabu (10/11/2021).

Gojek dan PT KCI mengembangkan fitur di dalam GoTransit yang memudahkan pengguna memesan layanan transportasi Gojek (GoRide dan GoCar) ke dan dari Stasiun Commuter.

Fitur ini juga bisa memesan tiket KRL lewat aplikasi Gojek hanya dalam satu kali bundle pembelian.

Namun, pelayanan serta pembelian tiket ini baru bisa dimanfaatkan pada awal tahun 2022.

Nantinya pengguna dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan GoPay, atau opsi lain seperti LinkAja.

Kevin mengatakan, berdasarkan data internal Gojek, sebagian besar pelanggan memanfaatkan layanan GoRide dan GoCar sebagai sarana penghubung awal dan akhir perjalanan untuk menuju dan dari stasiun kereta api commuter di Jabodetabek.

"Hal ini menunjukkan kehadiran layanan GoRide dan GoCar telah menjadi bagian penting yang melengkapi transportasi publik guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat di wilayah urban seperti Jabodetabek," kata dia.

Direktur Utama KCI Roppiq Lutzfi Azhar mengatakan, kolaborasi dengan Gojek sejalan dengan fokus KCI untuk memudahkan masyarakat menjangkau stasiun kereta.

Layanan GoRide dan GoCar menjawab tantangan terkait simpul-simpul transportasi publik yang kadang masih sulit untuk dijangkau masyarakat.

Kerja sama ini merupakan upaya bersama untuk memaksimalkan integrasi antarmoda sehingga para pengguna dapat melakukan perjalanan dengan mudah, tuntas dengan minim kendaraan pribadi.

"Dengan 70 persen lebih milenial yang saat ini bergabung dengan KAI Commuter, kerja sama dengan Gojek melalui layanan GoTransit ini kami harapkan dapat membuahkan inovasi dalam pelayanan masyarakat khususnya pengguna Commuterline," ujar Roppiq.

Sejak 2020, Gojek juga telah bekerja sama bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian BUMN RI dan Kementerian Perhubungan RI untuk mengintegrasikan empat stasiun terpadu di DKI Jakarta dengan layanan GoRide Instan di Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Pasar Senen.

Selain itu, Gojek juga menghadirkan titik jemput di 27 stasiun yang tersebar di Jabodetabek.

https://money.kompas.com/read/2021/11/10/185519426/mulai-tahun-depan-pesan-tiket-krl-bisa-lewat-aplikasi-gojek

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke