Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Industri Kesehatan

CEO Kalbe Farma Vidjongtius mengatakan, kehadiran pandemi semakin mengharuskan Indonesia untuk melakukan percepatan pertumbuhan di hulu industri kesehatan. Ini bisa dicapai dengan kolaborasi antar pihak terkait.

"Tidak bisa melakukan hal-hal tersebut sendirian. Kita butuh kolaborasi antara akademisi, peneliti, baik dari dalam maupun luar negeri, dan pemerintah, untuk mempercepat ketersediaan bahan baku industri farmasi," ujar dia dalam gelaran Kompas100 CEO Forum 'Health Care Industry Post Pandemic', Rabu (10/11/2021).

Hal senada juga disampaikan CEO Bio Farma Honesti Basyir. Ia menilai, pandemi merupakan momentum perubahan bagi seluruh stakeholders industri kesehatan, melalui kerja sama dalam berbagai bidang.

Riset disebut sebagai salah satu hal yang dapat dikolaborasikan antara satu pihak dengan pihak industri kesehatan lainnya. Melalui kolaborasi riset, pengembangan produk industri kesehatan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

"Riset tidak harus kita sendiri yang melakukan semuanya. Kita bisa bekerjasama dengan lembaga-lembaga riset di perguruan tinggi dan lembaga riset lainnya. Kita perlu bekerjasama," kata dia.

COO Eka Hospital Group Rina Setiawati mengakui, pandemi Covid-19 menjadi pengalaman baru bagi pihak rumah sakit. Tingginya kebutuhan masyarakat akan rumah sakit selama pandemi membuat Eka Hospital menyadari pentingnya reformasi di bidang kesehatan.

"Kita perlu membangun ekosistem health care. Sudah tidak zamannya kita bekerja sendiri-sendiri. Di ekosistem tersebut, ada health care provider, ada rumah sakitnya, ada farmasinya, ada live sciences-nya karena kita harus maju juga di bidang live sciences-nya, kemudian ada lagi satu unsur yakni payer," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2021/11/10/192842026/pandemi-covid-19-sadarkan-pentingnya-kemandirian-industri-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke