Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub Pastikan Konektivitas Antarmoda Jelang World Superbike

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan, sejumlah dukungan di sektor transportasi untuk sebagai upaya menyambut gelaran World Super Bike di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok.

Rencananya, balapan bakal berlangsung sepanjang 19-21 November 2021. Berbagai persiapan untuk mendukung konektivitas pun dikebut. 

Budi Karya mengaku, gelaran tersebut telah dipersiapkan dengan baik oleh seluruh pemangku kepentingan terkait. Sejumlah sarana dan prasarana transportasi telah disiapkan untuk melancarkan pergerakan di Mandalika dan daerah sekitarnya. 

Selain itu, Kemenhub juga memastikan konektivitas antarmoda transportasi untuk melancarkan mobilitas para peserta beserta tim ofisial dan juga masyarakat yang akan hadir menonton WSBK.

"Kami ingin memastikan mobilitas pergerakan orang dan kendaraan pada saat event berlangsung dapat berjalan dengan selamat, aman, nyaman, tertib dan sehat, dan juga tentunya dengan mengutamakan protokol kesehatan yang ketat," ujar Budi Karya dalam keterangannya, Rabu (10/11/2021). 

Selain itu, mantan Dirut AP II ini juga memastikan penerapan protokol kesehatan ketat di area balapan. 

"Kita tidak boleh lengah meski kasus Covid-19 sudah mengalami penurunan yang signifikan. Untuk itu, kita harus melakukan upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19," ungkap Budi Karya. 

Di sektor transportasi, Kemenhub menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas, peningkatan fasilitas Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok, dan penerapan protocol kesehatan yang ketat.

Kesiapan infrastruktur pendukung lainnya seperti pembangunan Pelabuhan Laut Gilimas, penyiapaan operasional kendaraan angkutan shuttle bus untuk melayani pergerakan penonton.

Kemenhub juga memberikan subsidi operasional angutan antarmoda dari dan ke kawasan wisata Mandalika, pembangunan fasilitas pendukung integrasi moda, pembangunan perlengkapan jalan, dan peningkatan pelayanan angkutan penyeberangan dari dan ke Pulau Lombok.

"Saya telah meminta pengelola Bandara Lombok bersama dengan KKP Kemenkes, Imigrasi, Bea Cukai, dan satgas Covid-19, memastikan para peserta dan tim official Super Bike yang datang dan pulang melalui Bandara Lombok, untuk mengikuti prosedur sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat baik oleh pihak bandara maupun maskapai," beber Budi Karya.

https://money.kompas.com/read/2021/11/10/203319526/menhub-pastikan-konektivitas-antarmoda-jelang-world-superbike

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke