Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dalam 5 Tahun, Investor Saham Syariah Naik 734 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan, pasar modal syariah menunjukkan peranannya dengan mencatatkan kinerja pertumbuhannya yang signifikan.

Dalam lima tahun terakhir, jumlah investor saham syariah tumbuh 734 persen.

“Investor saham syariah Indonesia mencetak milestone terbaru, yaitu berupa pencapaian 102.426 investor yang meningkat 734 persen dalam lima tahun terakhir, dengan tingkat keaktifan mencapai 30,7 persen,” kata Hasan dalam acara Sharia Investment Week 2021, Kamis (11/11/2021).

Data per Oktober 2021 menunjukkan, komposisi pasar saham syariah di Indonesia masih cukup dominan, dengan jumlah saham syariah mencapai 56,9 persen dari total saham yang tercatat di PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sedangkan kapitalisasi pasar saham syariah mencapai 45,6 persen dari total kapitalisasi pasar saham.

Nilai rata-rata transaksi harian perdagangan saham syariah berkontribusi sebesar 52,6 persen, frekuensi transaksi sebesar 58,1 persen, dan volume transaksi sebanyak 47,2 persen.

“Kami yakin dengan upaya, kerja keras dan dukungan dari banyak pihak bahwa ke depannya pasar modal syariah kita akan semakin maju, dan semoga acara ini dapat menjadi ajang bagi investor syariah pemula maupun investor aktif, untuk memahami pasar modal syariah sekaligus bisa menyebarkan semangat berinvestasi melalui pasar modal syariah di Indonesia,” ujar Hasan.

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin mengungkapkan, melalui inovasi berbasis digital dan perluasan digitalisasi layanan yang terintegrasi ke berbagai sektor menjadi kebutuhan yang mendesak saat ini.

Tidak hanya untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat, tetapi juga untuk meningkatkan percepatan pertumbuhan investasi syariah.

“Pemanfaatan teknologi digital menjadi salah satu peluang sekaligus tantangan bagi kemajuan ekonomi dan keuangan syariah ke depan. Pengembangan teknologi digital juga harus didukung oleh kualitas SDM yang adaptif, mandiri, produktif serta berdaya saing,” jelas Ma’ruf.

Sebagai informasi, agenda acara SIW 2021 terdiri dari live webinar dan talk show, live Instagram, virtual expo, serta entertainment.

SIW 2021 juga menghadirkan 26 narasumber dan moderator yang kompeten dibidangnya, dengan 3 tema berbeda setiap harinya, yaitu Strategi Pengembangan Keuangan Syariah, Alternatif Produk Investasi di Pasar Modal Syariah, dan Keuangan Sehat dengan Investasi Syariah.

https://money.kompas.com/read/2021/11/11/135339626/dalam-5-tahun-investor-saham-syariah-naik-734-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke