Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendag Lutfi Sebut Perekonomian Indonesia Sudah Mulai Pulih, Ini Indikatornya

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, perekonomian Indonesia sudah masuk ke dalam tahap pemulihan.

Hal itu terlihat dari angka indeks kepercayaan konsumen yang sudah semakin meningkat. Pada September 2021, angkanya mencapai 95,5 persen dan Oktober 2021 melewati 113,4 persen.

"Pada rumus PDB ada kontribusi dari konsumsi. Jadi yang mendorong ekonomi kita adalah apa yang dibelanjakan bapak-ibu, ketika kuartal II/2021 pertumbuhan konsumsi kita 5,93 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 sebelum Covid-19 yang cuma 5,6 persen. Jadi sebenarnya kita sudah kembali ke recovery," kata Lutfi dalam perayaan Hari Ritel Nasional 2021 secara virtual, Kamis (11/11/2021).

Walau demikian, untuk mempertahankan ekonomi agar tetap bagus dan semakin kuat, masyarakat diminta untuk tidak teledor dalam penanganan Covid-19.

Oleh sebab itu, kata Mendag, semua stakeholder juga harus disiplin akan prokes dan harus disiplin dalam menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Semua harus disiplin PeduliLindungi, meski di-bully ini adalah cara yang menyelamatkan kita semua," kata Lutfi.

"Saya sudah mulai lihat sekarang ini, kalau dulu kan (masuk ke tempat umum) harus pakai PeduLindungi, nah kalau sekarang saya lewat yah lewat aja. Saya marahin itu Satpam yang jaga, kita harus disiplin dan jaga ini," sambung Lutfi.

Lutfi juga optimistis pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2021 bisa mencapai angka 4 persen.

"Mungkin InshaAllah bisa 4 persen meskipun jauh di bawah target 5,5 persen. Mudah-mudahan kita akan tumbuh lebih baik di masa depan," pungkas dia.

https://money.kompas.com/read/2021/11/11/142250726/mendag-lutfi-sebut-perekonomian-indonesia-sudah-mulai-pulih-ini-indikatornya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke