Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4,4 Juta Penduduk Amerika Serikat Resign Sepanjang September, Mengapa?

Dilansir dari CNN, Sabtu (13/11/2021), banyak pekerja setempat resign dengan alasan untuk mencari gaji atau pekerjaan yang lebih baik. Hal itu menunjukkan adanya pergeseran fundamental pada pasar kerja Amerika Serikat.

"Pekerja saat ini memiliki inisiatif, dan era di mana (pemberi kerja) membayar pekerja di bawah upah yang layak telah berakhir," ujar Kepala Ekonom di RSM US Joseph Brusuelas.

"Hal ini menunjukkan kenaikan upah akan menjadi bagian penitng dalam lanskap ekonomi ke depan," jelas dia.

Berdasarkan data Biro Statistik Ketenagakerjaan yang dirilis pada Jumat (12/11/2021) lalu, terdapat 10,4 juta lowongan kerja per bulan September seiring dengan berlanjutnya krisis ketenagakerjaan di Negeri Paman Sam tersebut.

Jumlah tersebut turun tipis ketimbang bulan Agustus yang jumlahnya sebanyak 10,6 juta lowongan kerja.

Pekerjaan yang mengalami peningkatan yakni di bidang layanan kesehatan dan sektor-sektor yang terkait dengan pemerintahan dan pemerintah daerah.

"(Covid-19) varian delta masih terlihat pada bulan September lalu berdasarkan laporan JOLTS," ujar Direktur Economic Research di Indeed Hiring Lab Nick Bunker.

"Kami mengetahui pada laporan ketenagakerjaan Oktober pasar tenaga kerja tidak lebih stabil (dibanding sebelumnya," ujar dia.

Perlambatan permintaan tenaga kerja terjadi di sektor industri layanan dan jasa merupakan penyebab karena terjadi penurunan topis pada pekerjaan yang tersedia pada bulan September lalu.

"Banyaknya orang yang memutuskan untuk berhenti bekerja di pasar ketenagakerjaan ini luar biasa," ujar Bunker.

"Tetapi konsentrasi di antara beberapa sektor sangat mencolok. Pengunduran diri paling banyak terjadi di sektor-sektor di mana sebagian besar pekerjaan dilakukan secara langsung atau dengan gaji yang relatif rendah," jelas dia.

Sektor yang berkaitan dengan hiburan, seni, dan rekreasi menunjukkan peningkatan jumlah pekerja yang mengundurkan diri terbanyak, diikuti oleh sektor jasa lainnya, pemerintah daerah, dan pendidikan.

Perusahaan pada bulan September menerima 6,5 juta pekerja, sementara itu sebanyak 6,2 juta lainnya berhenti bekerja, termasuk di antaranya yang resign atau mengundurkan diri secara sukarela.

Bila dibandingkan dengan jumlah pekerjaan yang ditawarkan, hal ini menjadi salah satu sorotan atas masalah keterbatasan pekerja yang terjadi di Amerika Serikat.

https://money.kompas.com/read/2021/11/13/162331326/44-juta-penduduk-amerika-serikat-resign-sepanjang-september-mengapa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke