Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tingkatkan Budaya K3, ILO Gelar Kompetisi Kovid

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization/ILO) menggelar Kompetisi Video Semenit (Kovid) untuk meningkatkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di era pandemi.

Manajer Proyek ILO Abdul Hakim menuturkan, kompetisi video semenit dapat diikuti oleh seluruh warga Indonesia. Tema yang diusung adalah Menciptakan Tempat Kerja yang Aman dan Sehat selama Pandemi dengan fokus Wujudkan Indonesia Berbudaya K3.

"Proyek ini menjadi salah satu upaya ILO untuk meningkatkan pencegahan Covid-19 di dan melalui tempat kerja. Harapannya, dengan cara yang menarik masyarakat dari berbagai kalangan di Indonesia tertarik untuk berpartisipasi," ujarnya melalui keterangan tertulis, Senin (15/11/2021).

"Kami juga berharap dengan promosi budaya K3 yang terpancang dan mengakar akan mendorong penerapan sistem K3 yang lebih baik di Indonesia dan perusahaan," sambung Abdul Hakim.

Kompetensi ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Jepang dan bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan, Perhimpunan Dokter Kesehatan Kerja Indonesia (IDKI) dan mitra sosial lainnya.

Sebagai mitra Indonesia sejak lama, Pemerintah Jepang menaruh perhatian besar pada upaya pembukaan lapangan kerja di era pandemi dengan mendorong terciptanya budaya K3.

"Melalui pendekatan kreatif seperti ini, kami percaya akan semakin dapat memperkuat upaya mendorong produktivitas dan pembukaan kembali lapangan kerja di new normal berikutnya," ujar Atase Ketenagakerjaan Kedutaan Besar Jepang Hiroki Sasaki.

Kovid terbuka untuk umum, mulai dari kalangan mahasiswa hingga para pekerja di seluruh Indonesia. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 85 juta. Pendaftaran Kovid mulai dibuka hari ini.

Para calon peserta memiliki waktu selama dua bulan untuk mengumpulkan hasil karya terakhirnya pada 15 Januari 2022. Selanjutnya, pemenang kompetensi tersebut akan diumumkan pada 3 Februari 2022.

https://money.kompas.com/read/2021/11/15/205821326/tingkatkan-budaya-k3-ilo-gelar-kompetisi-kovid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke