Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank DKI Pimpin Kredit Sindikasi Rp 2 Triliun untuk Indah Kiat

Adapun bank-bank daerah yang terlibat yakni Bank Sumut, Bank Jatim, Bank Nagari, Bank Sumsel Babel, Bank Maluku Malut, Bank Papua, Bank Kalteng, Bank Sulselbar, Bank Kalsel, Bank Bengkulu, Bank NTT, dan Bank SulutGo.

Pada sindikasi tersebut Bank DKI bertindak sebagai Mandated Lead Arranger, sekaligus berperan sebagai agen fasilitas, agen jaminan, agen escrow dan kreditur. Penandatanganan perjanjian kredit sindikasi dilakukan antara Bank DKI dan INKP di Jakarta pada Senin (15/11/2021).

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy mengatakan, penyaluran kredit sindikasi diberikan dalam bentuk kredit investasi refinancing kepada Indah Kiat Pulp & Paper yang berlokasi Kabupaten Siak, Riau.

"Kami melakukan kolaborasi sindikasi kredit bersama 12 BPD lainnya dengan total partisipasi sebesar Rp 2 triliun. Bank DKI menyalurkan dengan porsi senilai Rp 500 miliar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (15/11/2021).

Secara rinci untuk porsi kredit yang disalurkan bank lainnya, yakni Bank Sumut dan Bank Jatim masing-masing sebesar Rp 270 miliar, Bank Nagari dan Bank Sumsel Babel Rp175 miliar, serta Bank Maluku Malut Rp 110 miliar.

Selain itu, Bank Papua sebesar Rp 95 miliar, lalu Bank Kalteng, Bank Sulselbar, dan Bank Kalsel masing-masing Rp 85 miliar, serta Bank Bengkulu, Bank NTT, dan Bank SulutGo masing-masing Rp 50 miliar.

Menurutnya, penyaluran kredit sindikasi ini dengan pertimbangan bahwa industri pulp & paper di Indonesia dinilai masih sangat prospektif. Sebab, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sumber bahan baku yang terbesar serta keunggulan komparatif dalam hal produktivitas.

Selain itu, produksi pulp di Indonesia pun menempati peringkat ke-8 dan peringkat ke-6 dalam industri kertas.

“Melalui penandatanganan perjanjian kredit sindikasi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu stimulus pertumbuhan perekonomian di tanah air di masa pandemi ini," kata Fidri.

Adapun Bank DKI telah menyalurkan kredit ke Indah Kiat Pulp & Paper, baik secara bilateral maupun sindikasi. Beberapa penyaluran kredit yang dilakukan diantaranya Sindikasi Kredit Investasi Refinancing Power Plant senilai Rp 1,4 triliun di tahun 2018.

Selain itu, Sindikasi Kredit Investasi Refinancing Mesin Pulp Making 8 sebesar Rp 1,75 triliun dengan porsi penyaluran kredit Bank DKI sebesar Rp 600 miliar di tahun 2020. Semua kredit tersebut dalam kolektibilitas lancar.

https://money.kompas.com/read/2021/11/15/214341726/bank-dki-pimpin-kredit-sindikasi-rp-2-triliun-untuk-indah-kiat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke