Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Proyek Infrastuktur Jokowi di Banten Kelar Dibangun, Ini Daftarnya

Proyek infrastuktur Jokowi di Banten tersebut meliputi beragam jenis infrastuktur mulai dari tol, rumah susun (rusun), bendungan, hingga gedung olahraga.

Di antara sederet proyek tersebut, Presiden Jokowi secara langsung telah meresmikan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 pada Selasa (16/11/2021) kemarin.

Selain Tol Serang-Panimbang Seksi 1, masih ada 7 proyek lain sebagai hasil pembangunan infrastuktur Jokowi di Banten yang juga sudah selesai dibangun.

Selesainya pembangunan infrastuktur di Banten ditandai dengan penandatanganan prasasti sebagai tanda rampungnya proyek-proyek tersebut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara resmi menandatangani 8 prasasti tanda selesainya pembangunan infrastruktur di Banten, Selasa (16/11/2021).

Basuki menjelaskan, prasasti merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada publik atas infrastruktur yang sudah selesai dibangun, di mana tertera pula nama kontraktor dan konsultan.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa dukungan infrastruktur menjadi sarana dasar pelayanan kepada masyarakat dalam mendukung perwujudan yang layak, produktif, dan keberlanjutan serta peningkatan perekonomian di wilayah setempat.

“Pembangunan infrastruktur di Banten selain untuk memacu pertumbuhan ekonomi Banten juga bertujuan mengurangi ketimpangan dan kesenjangan pembangunan antar wilayah serta ketimpangan taraf hidup masyarakat,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip pada Rabu (17/11/2021).

Selengkapnya, berikut daftar proyek infrastuktur di Banten yang baru saja selesai dibangun:

Adapun usai penandatangan prasasti, Menteri Basuki melanjutkan kunjungan kerja di Banten dengan meninjau Rusun ASN yang berada di Jalan Raya Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Rusun ini mulai dibangun pada tahun 2020 dan telah selesai untuk dimanfaatkan bagi ASN Kementerian PUPR yang bertugas di balai-balai yang berada di Provinsi Banten. Rusun dibangun 1 setinggi 6 lantai dengan biaya APBN senilai Rp 50 miliar.

"Rusun ini sudah selesai dibangun, hanya perlu sedikit perapihan dan sudah siap untuk dihuni," kata Menteri Basuki.

Rusun ASN tersebut terdiri 68 unit dengan tipe kamar 45, ditambah 2 unit kamar khusus untuk penghuni difabel.

Setiap unitnya dilengkapi meubeuleur seperti lemari, tempat tidur, dan sofa untuk menambah kenyamanan penghuni. Secara keseluruhan rusun ini memiliki kapasitas huni 204 orang.

Pembangunan rusun akan terus dilaksanakan Kementerian PUPR di wilayah-wilayah lainnya mengingat masih banyak ASN yang belum memiliki rumah.

Adanya rusun untuk ASN tersebut diharapkan dapat meningkatkan semangat serta kinerja para pegawai dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

https://money.kompas.com/read/2021/11/17/124152826/8-proyek-infrastuktur-jokowi-di-banten-kelar-dibangun-ini-daftarnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke