Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Cara Jualan Online Tanpa Modal Skema Dropship

KOMPAS.com - Bagaimana cara jualan online tanpa modal? Sekilas hal tersebut seperti mustahil dilakukan. Namun dengan semakin pesatnya pertumbuhan marketplace dan media sosial, jualan online tanpa modal (bisnis online tanpa modal) bisa dilakukan.

Nah jualan online tanpa modal bisa dilakukan melalui skema dropship. Sedikit berbeda dengan reseller, dropship adalah penjualan produk yang memungkinkan dropshipper, sebutan untuk pelaku usaha dropship, menjual barang ke pelanggan dengan hanya bermodalkan foto atau gambar dari supplier tanpa perlu menyetok barang.

Menurut CEO Qasir, Michael Williem, bentuk bisnis online tanpa modal yang tengah naik daun dan bertumbuh pesat pada masa pandemi ini adalah dropship. 

Bisnis dropship merupakan bisnis yang paling mudah dilakukan karena bisa dilakukan tanpa modal besar, bahkan bisa dikatakan tanpa modal sama sekali.

Pengusaha dropship atau yang biasa disebut dropshipper cukup mencari pembeli dengan produk-produk dari penjual lain. Jika transaksi berhasil, dropshipper menerima persentase komisi penjualan. 

Praktik cara jualan online tanpa modal ini pun sederhana, dropshipper hanya perlu mengirimkan data pembeli kepada supplier untuk kemudian memproses pembelian barang yang akan dikirimkan atas nama toko dropshipper sebagai pihak kedua.

“Jenis usaha dropship ini terbukti sangat potensial, namun, tetap ada faktor-faktor yang harus diperhatikan, agar usaha Anda berkualitas, dipercaya oleh supplier, buyer, serta bertahan dan bahkan berkembang,” kata Michael dalam keterangannya. 

Skema dropship adalah pelanggan membeli barang dengan mentransfer uang ke rekening dropshipper, lalu dropshipper membayar kepada supplier sesuai harga beli dropshipper ditambah ongkos kirim.

Selain mengirimkan uang pembelian barangg, dropshipper juga mengirimkan data-data pelanggan kepada supplier seperti nama, alamat, dan nomor yang bisa dihubungi.

Dari sini, barang akan dikirimkan oleh supplier langsung ke alamat pelanggan. Dengan kata lain, karena merupakan bisnis online tanpa modal, tugas dropshipper adalah hanya memasarkan barang tanpa perlu menyetok barang.

Keuntungan dropshipper berasal dari margin harga jual ke pelanggan dikurangi dengan harga beli dari supplier yang ditambah dengan ongkos kirim.

Dengan skema bisnis yang sederhana, jualan online tanpa modal, bisnis dropship juga bisa dilakukan di mana pun asalkan memiliki koneksi jaringan internet. Saat ini, banyak orang terjun ke bisnis satu ini.

Barang yang bisa dijual pun sangat banyak lantaran saat ini sudah banyak penyedia atau pemasok barang berbagai produk yang menyediakan penjualan dropshipping untuk para mitranya antara lain kosmetik, makanan dan minuman, obat, pakaian, dan elektronik.

Dengan memanfaatkan teknologi digital, dropshipper memanfaatkan penjualan via online, terutama lewat media sosial dan e-commerce.

Setelah mendapatkan pelanggan, dropshipper bisa langsung menghubungi pemasok barang (meneruskan pesanan) dan mengirimkan pesanannya langsung ke alamat pembeli.  

Tips jualan online tanpa modal menjadi dropshiper

1. Pilih supplier terpercaya

Anda bisa memilih supplier yang bisa dipercaya untuk mencoba bisnis jualan online tanpa modal ini. Michael menilai hal ini adalah hal yang sangat krusial karena seluruh barang nantinya akan berasal dari supplier. 

Dia bilang, kemampuan menyaring dan menentukan kualitas suatu produk jadi skill mutlak yang harus dimiliki dropshipper.

“Memang mengasah kemampuan ini membutuhkan jam terbang tinggi, namun komunitas dropshipper yang saat ini sudah banyak, akan sering membagikan tips-tipsnya kepada anggota barunya,” ujar dia.

2. Ketahui jumlah stok dan harga terbaru

Meskipun tidak memiliki stok barang, wajib bagi dropshipper untuk tahu jumlah stok terkini dan harga terbaru. Dengan demikian, konsumen akan percaya bahwa Anda adalah media yang cocok untuk bertransaksi.

Menurut dia, tidak salah jika Anda tertarik mencari margin yang besar, namun perlu diketahui persaingan harga di e-commerce sangat ketat.

3. Personalisasi foto produk

Sebagai skema cara jualan online tanpa modal, foto produk yang bagus mutlak diperlukan. Meskipun biasanya foto produk sudah disediakan oleh supplier, penting untuk dropshipper mempersonalisasikan barang yang dijual. Karena hal yang sering terjadi, foto yang disediakan mirip dengan dropshipper lain.

Dengan demikian, ada baiknya jika Anda meluangkan sedikit waktu untuk membuat foto sendiri. Visualisasi barang jualan juga menjadi salah satu faktor kunci untuk menarik pembeli.

4. Catat transaksi

Menurut Michael, pencatatan transaksi tidak kalah penting, dengan demikian dropshipper akan mengetahui apakah bisnsinya berjalan semakin maju karena bertambahnya pembeli atau semakin mundur, karena pembeli berkurang. 

Melakukan pencatatan transaksi menjadi salah satu kunci kesuksesan usaha, terlebih jualan online tanpa modal. Sehingga harus dicatat keuntungannya. 

5. Fokus membuat konten

Karena dropshipper tidak perlu memusingkan stok barang, maka dari itu dropshipper bisa lebih bisa berfokus pada pembuatan konten dan komunitas konsumen, karena ini yang menjadi unique selling proposition seorang dropshipper.

Dengan membangun citra positif sebuah brand itu tidak hanya melalui konten di media sosial, tapi juga bisa melalui komunitas. Dengan adanya komunitas, seorang dropshipper bisa mengetahui dengan jelas apa yang menjadi perhatian konsumen yang berkaitan dengan produk dan layanannya.

Cara jualan online tanpa modal via dropship

Dikutip dari Lifepal, berikut cara jualan online tanpa modal skema dropship tahap demi tahap:

  • Dropshipper menentukan produk apa yang akan dijual. Cari pemasok barang yang terpercaya. Pastikan untuk menjalin hubungan yang terjalin baik guna memastikan ketersediaan stok dan update barang terbaru, termasuk soal skema pembayaran.
  • Dropshipper memasarkan produknya ke konsumen, biasanya lewat media sosial, marketplace, dan webiste. Foto produk biasanya disediakan oleh pemasok barang.
  • Pelanggan membeli produk yang dipromosikan dropshipper. Pembayaran dilakukan pembeli ke dropshipper.
  • Dropshipper kemudian meneruskan pesanananya ke pemasok. Pemasok mempersiapkan barangnya, lalu pesanan dikemas dan dikirimkan dari gudang ke alamat pembeli.

Sebagai bisnis online tanpa modal atau jualan online tanpa modal, dropship saat ini banyak digeluti pemilik usaha toko online. Bisnis yang relatif mudah dilakukan lantaran minim modal dan tak butuh lokasi usaha.

Keuntungan dropship:

  • Minim modal
  • Bisa dilakukan dimana saja
  • Mudah dijalankan
  • Produk yang bisa dijual bervariasi
  • Tak perlu memiliki penyimpanan
  • Tak repot dengan pengemasan dan pengiriman barang

Kekurangan dropship:

  • Margin keuntungan rendah karena harus dibagi dengan pemasok
  • Dropshipper tak bisa memastikan ketersediaan barang
  • Nama baik dropshipper sangat tergantung pada kualitas barang dari pemasok
  • Kecepatan pengiriman barang bergantung pada pemasok
  • Pemasok seringkali mengalami kesalahan dalam pengiriman produk

Itulah bisnis online tanpa modal. Kalau pun mengeluarkan modal, hanya untuk membeli paket data internet. Jualan online tanpa modal ini terus mengalami pertumhuhan pesat dari tahun ke tahun. 

https://money.kompas.com/read/2021/11/17/171516926/ini-cara-jualan-online-tanpa-modal-skema-dropship

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke