Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Neraca Pembayaran Indonesia Surplus 10,4 Miliar Dollar AS

"Kinerja NPI tersebut ditopang oleh transaksi berjalan yang mencatat surplus, berbalik dari triwulan sebelumnya yang tercatat defisit, serta surplus transaksi modal dan finansial yang makin meningkat," kata Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangannya, Jumat (19/11/2021).

Erwin mengatakan, dengan perkembangan tersebut, posisi cadangan devisa pada akhir September 2021 mencapai 146,9 miliar dolar AS, lebih tinggi dibandingkan 137,1 miliar dolar AS pada akhir Juni 2021. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Serta berada di atas standar kecukupan internasional," katanya.

Transaksi berjalan RI tercatat mengalami surplus sebesar 4,5 miliar dollar AS atau setara 1,5 persen Produk Domestik Bruto (PDB), setelah pada triwulan II-2021 mengalami defisit sebesar 2 miliar dollar AS.

Perbaikan transaksi berjalan itu selaras dengan surplus neraca dagang yang terus alami peningkatan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), secara kumulatif, Januari-Oktober 2021, neraca perdagangan mengalami surplus sebesar 30,81 miliar dollar AS.

"Selain itu, defisit neraca jasa tercatat lebih rendah, antara lain disebabkan oleh perbaikan kinerja jasa transportasi yang didukung oleh meningkatnya penerimaan jasa freight sejalan dengan peningkatan aktivitas ekspor," tutur Erwin.

Sementara itu, transaksi modal dan finansial pada triwulan III-2021 mencatat surplus yang makin meningkat, terutama bersumber dari investasi langsung. Pada triwulan III-2021, transaksi modal dan finansial mencatat surplus sebesar 6,1 miliar dollar AS, lebih tinggi dari capaian surplus pada triwulan sebelumnya sebesar 1,6 miliar dollar AS.

Bank sentral mencatat, surplus tersebut bersumber dari aliran masuk neto (net inflows) investasi langsung yang tetap terjaga sebesar 3,3 miliar dollar AS. Investasi lainnya juga mengalami surplus, setelah mengalami defisit pada triwulan sebelumnya, yang dipengaruhi oleh penurunan pembayaran neto pinjaman luar negeri, peningkatan penempatan simpanan nonresiden di dalam negeri, serta tambahan alokasi Special Drawing Rights (SDR).

Selain itu, investasi portofolio selama triwulan III-2021 juga mencatat net inflows yaitu sebesar 1,1 miliar dollar AS, meskipun menurun dari triwulan sebelumnya yang sebesar 4 miliar dollar AS, sejalan dengan ketidakpastian pasar keuangan global yang masih berlangsung.

"Ke depan, Bank Indonesia senantiasa mencermati dinamika perekonomian global yang dapat memengaruhi prospek NPI dan terus memperkuat bauran kebijakan guna menjaga stabilitas perekonomian," ucap Erwin.

https://money.kompas.com/read/2021/11/19/130700226/neraca-pembayaran-indonesia-surplus-10-4-miliar-dollar-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke