Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mentan Pastikan Food Estate Temanggung-Wonosobo Dapat Anggaran KUR Khusus

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengungkapkan, Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyiapkan anggaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diperuntukkan khusus untuk pengembangan food estate di Temanggung dan Wonosobo (Tawon).

Sebab, kata dia, progres food estate di Tawon harus berjalan semaksimal mungkin agar bisa memberikan kesejahteraan bagi para petani.

"Dan saya berharap Kabupaten Temanggung dan Wonosobo bisa menjadi model percontohannya. Saya juga berharap pendapatan rakyat termasuk yang kerja di dalam food estate ini naik," kata SYL, dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (19/11/2021).

Menurut dia, Temanggung dan Wonosobo merupakan dua kabupaten subur yang cocok untuk pengembangan hortikultura.

“Apalagi dua kabupaten itu terbukti mampu menjadi penyangga kebutuhan sayur nasional,” tuturnya.

Ia berharap bahwa persiapan food estate Tawon bisa dilaksanakan dengan baik agar kebutuhan dan ketersediaan pangan semakin kuat.

“Tidak lagi mendatangkan komoditas luar negeri. Apalagi Wonosobo dan Temanggung adalah wilayah subur,” ucapnya.

Sebagai informasi, kawasan food estate Tawon rencananya akan ditinjau lebih lanjut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat.

Presiden Jokowi akan melakukan pengecekan, mulai dari pengairan sampai pola tanam.

Menanggapi rencana tersebut, Mentan SYL berharap semua pihak bisa mempersiapkan tugas masing-masing dengan baik.

"Jadi pada saat Presiden datang saya berharap aktivitas pertanian tetap jalan seperti biasa. Tunjukkan apa yang telah dicapai apa adanya dan yang penting semua kerja," ujarnya.

Ajak petani Jateng

Bersamaan dengan itu, Mentan SYL terus mengajak para petani di Jawa Tengah (Jateng) untuk menggerakan roda ekonomi nasional melalui program pertanian food estate Tawon.

Sebagaimana diketahui, saat ini sudah ada lebih dari 2.171 petani bergabung dengan kelompok tani yang ada di lokasi ini.

Mereka pun mulai melakukan produksi dan penggarapan lahan seluas 632 hektare (ha).

Adapun komoditas yang dikembangkan, di antaranya cabai seluas 15 ha, cabai benih (1 ha), bawang putih benih (308 ha), bawang merah benih (1 ha), dan kentang (5 ha).

"Melalui food estate Tawon ini kita buat ekspor pertanian menembus pasar dunia,” kata Mentan saat ditemui pada Kamis (18/11/2021).

https://money.kompas.com/read/2021/11/19/152824326/mentan-pastikan-food-estate-temanggung-wonosobo-dapat-anggaran-kur-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke