Salin Artikel

Grab Ekspansi ke Kupang dan Jayapura, Survei LPEM UI: 1.091 Orang Berhenti Menganggur

Survei tersebut menunjukkan, ada sekitar 1.091 orang yang mendapat pekerjaan sejak Grab melakukan ekspansi di dua kota itu. Sebelumnya, status 1.091 masyarakat yang bergabung dalam keadaan menganggur.

"Untuk konteks partner driver Grab, di sini terlihat status sebelumnya not working menjadi working (bekerja) sebesar 21,8 persen. Sama dengan 1.091 Grab driver yang tidak memiliki pekerjaan menjadi memiliki pekerjaan," kata Kepala LPEM UI, Riatu Mariatul dalam webinar, Jumat (19/11/2021).

Riatu menuturkan, hal ini menunjukkan Grab membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Penyerapan tenaga kerja tersebut berkontribusi menurunkan pengangguran sebesar 0,98 persen.

"Ketika diagregasi, 21,8 persen ini sama dengan 1.091 Grab driver di wilayah tersebut yang akhirnya memiliki pekerjaan, atau ini 0,98 persen penurunan unemployment di wilayah Kupang dan Jayapura," ucap dia.

Di sisi lain, ekspansi bisnis Grab ke dua kota di wilayah Timur Indonesia itu mengubah mata pencaharian. Tercatat, ada sekitar 35,3 persen pekerja yang akhirnya menggeluti usaha di bidang transportasi.

Peningkatan juga terlihat pada kategori merchant (mitra UMKM) Grab. Di survei yang sama, ada sekitar 12 persen merchant yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan. Dengan ekspansi bisnis Grab, mereka menggeluti dunia usaha kuliner dan sejenisnya.

Bergabungnya para merchant baru ini mampu mendorong penurunan pengangguran sebesar 0,39 persen dari total pengangguran di Kupang dan Jayapura.

"Proporsi yang cukup besar dari pembukaan lapangan kerja ini menunjukkan hampir 50 persen bisnis baru tumbuh. Kemudian dengan food business ada peningkatan usaha baru," ucap Riatu.

Adanya peningkatan aktivitas ekonomi juga terlihat dari cahaya malam di Kupang dan Jayapura. LPEM UI menemukan, terjadi peningkatan sinyal kegiatan dari 1,2 units menjadi 2,1 units.

"Dari cahaya malam menunjukkan terdapat keamanan yang lebih baik untuk aktivitas di malam hari, ini bisa meningkatkan permintaan ketika terdapat aspek affordable," pungkas dia.

https://money.kompas.com/read/2021/11/19/183600726/grab-ekspansi-ke-kupang-dan-jayapura-survei-lpem-ui--1.091-orang-berhenti

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.