Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dukung Pembangunan RS Hasyim Asyari, Danamon Syariah Serahkan Alat Kesehatan Ruang IGD kepada Dompet Dhuafa

KOMPAS.com – Rumah Sakit Hasyim Asyari di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, selesai dibangun dan siap melayani pasien pada Februari 2022.

Demi mendukung layanan tersebut, PT Bank Danamon Indonesia Tbk melalui Unit Usaha Syariah menyerahkan donasi wakaf berupa alat kesehatan untuk ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS, Rabu (17/11/2021). Wakaf ini diserahkan melalui Dompet Dhuafa.

Wakaf senilai Rp 420.503.417 itu diberikan secara simbolis oleh Direktur Syariah and Sustainability Finance Bank Danamon Herry Hykmanto kepada Dompet Dhuafa.

Untuk diketahui, sebagai lembaga wakaf tepercaya di Indonesia, Dompet Dhuafa berkesempatan menjadi partner nazir Danamon Syariah.

Dompet Dhuafa berkomitmen untuk mengembangkan aset wakaf secara produktif sehingga mampu memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan.

Sementara itu, RS Hasyim Asyari merupakan salah satu bukti komitmen untuk mengembangkan aset wakaf produktif.

Selain dengan Danamon Syariah, Dompet Dhuafa juga membuka kesempatan bagi berbagai pihak untuk bersama-sama mewujudkan akses dan pelayanan masyarakat berbasis wakaf.

Sebagai informasi, donasi wakaf tersebut terkumpul dari para wakif dalam program wakaf melalui aplikasi digital Social Banking. Aplikasi ini diluncurkan Danamon Syariah pada Maret 2021.

Pada kesempatan tersebut, Herry menyampaikan dukungan terhadap program rumah sakit berbasis wakaf, seperti yang dilakukan Dompet Dhuafa bersama Pondok Pesantren Tebuireng.

Baginya, RS Hasyim Asyari merupakan pionir dalam pengelolaan aset wakaf secara produktif yang bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

Herry juga mengajak seluruh masyarakat, khususnya generasi milenial, untuk mulai berwakaf. Terlebih, saat ini, berwakaf dapat dilakukan secara mudah dan praktis. Salah satunya, menggunakan aplikasi Social Banking.

Selain untuk ruang IGD, lanjut Herry, program wakaf Danamon juga menyalurkan alat kesehatan untuk ruang kebidanan RS Hasyim Asyari dan program wakaf lain.

“Dengan kemudahan berwakaf melalui aplikasi Social Banking, kami mengajak masyarakat, terutama generasi muda, untuk berwakaf bersama dan berperan aktif dalam meningkatkan kemaslahatan umat,” kata Herry dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (20/11/2021).

Pada kesempatan itu, turut hadir Sekretaris Umum Pondok Pesantren Tebuireng Abdul Ghoffar atau yang akrab disapa Gus Ghoffar.

Gus Ghoffar pun mengapresiasi berbagai pihak yang turut membantu mewujudkan RS Hasyim Asyari.

“Rintangan dan tantangan dalam mewujudkan RS itu dapat diatasi dengan semangat untuk melayani umat. Tak hanya dari Dompet Dhuafa dan Pondok Pesantren Tebuireng, dukungan tersebut juga didapatkan dari berbagai pihak, terutama Danamon Syariah,” ujar Gus Ghoffar.

Hal senada disampaikan Direktur Resources Mobilization Dompet Dhuafa Etika Setiawati. Menurutnya, keterlibatan berbagai pihak, terutama Danamon Syariah, menjadi faktor pendorong percepatan operasional RS Hasyim Asyari.

“Semua pihak berharap agar RS Hasyim Asyari dapat segera melayani masyarakat luas, khususnya di wilayah Jombang,” kata Etika.

Menurut dia, kerja sama yang dilakukan Dompet Dhuafa dan Danamon Syariah melalui aplikasi Social Banking mendatangkan dampak positif bagi masyarakat secara luas.

“Kerja sama program wakaf tunai melalui platform Danamon Syariah dan Social Banking bermanfaat dalam menyosialisasikan dan meningkatkan kebiasaan berwakaf generasi muda yang akrab dengan perangkat digital," imbuh Etika.

https://money.kompas.com/read/2021/11/20/200500926/dukung-pembangunan-rs-hasyim-asyari-danamon-syariah-serahkan-alat-kesehatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke