Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Jokowi Pernah Bentak Dirut Pertamina | Bahagianya Luhut, Sirkuit Mandalika Jadi Buah Bibir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, dirinya pernah membentak Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) karena dinilai lambat dalam mengeksekusi proyek kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Hal itu diungkapkannya saat memberi pengarahan pada komisaris dan direksi Pertamina dan PT PLN (Persero), Sabtu (20/11/2021). Pengarahan itu dihadiri pula Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati.

"TPPI investasinya 3,8 miliar dollar AS, ini sudah bertahun-tahun, sebelum kita ada (menjabat), kemudian ada masalah, tapi belum jalan-jalan juga," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, setelah dilantik menjadi Presiden RI pada periode awal masa jabatannya di 2014, dirinya langsung mendatangi TPPI untuk mendorong proyek tersebut berjalan. Pada saat itu, Pertamina belum dipimpin oleh Nicke.

Selengkapnya simak di sini

2. Bahagianya Luhut, Sirkuit Mandalika Jadi Buah Bibir Seantero Negeri

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap kebahagiannya ketika meninjau Sirkuit Mandalika.

Luhut sempat menyaksikan langsung ajang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (21/11/2021).

Selain memiliki arena balapan bernama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika sebenarnya juga termasuk kawasan yang dibangun sebagai destinasi wisata super prioritas.

Menurut Luhut, di antara semua destinasi wisata super prioritas yang sedang dibangun, yang paling tidak populer adalah Mandalika.

Simak selengkapnya di sini

3. Ini Perbedaan Bangkrut dan Pailit Menurut Pakar Hukum Bisnis

Banyak orang beranggapan bahwa bangkrut dan pailit itu sama, meski keduanya sebenarnya adalah hal yang berbeda. Tingginya angka penutupan usaha di Indonesia akhir-akhir ini, membuat kedua istilah tersebut semakin tak asing didengar.

Lalu apa sebenarnya perbedaan bangkrut dan pailit?

Dikutip dari Live Streaming Kompas TV, Co-Founder Smartlegal.id sekaligus konsultan hukum bisnis, Asharyanto, menyebut ada beberapa perbedaan antara pailit dan bangkrut.

Istilah bangkrut dan pailit memang terkandang berdampingan. Saat perusahaan bangkrut biasanya juga dinyatakan pailit, atau sebaliknya saat perusahaan dinyatakan pailit terkadang bisa berujung kebangkrutan

Ingin tahu lebih jelas mengenai pailit dan bangkrut? Baca di sini

4. Mengintip Pergerakan Harga Emas Antam Selama Sepekan Ini

Harga emas Antam sepekan ini mengalami penurunan. Hal ini juga terjadi pada harga buyback atau harga yang didapat jika pemegang logam mulia itu ingin menjualnya kembali.

Selama sepekan ini, harga emas Antam tercatat turun Rp 8.000 per gramnya. Sementara untuk harga jual kembalinya turun Rp 8.000 per gramnya.

Pada Senin (15/11/2021), harga emas Antam masih dibanderol di harga Rp 955.000 per gram. Sementara harga jual kembalinya Rp 853.000.

Di hari berikutnya atau pada Selasa (16/11/2021), harga emas 24 karat tersebut turun ke angka Rp 952.000 per gram. Sementara pada harga buyback-nya turun ke angka Rp 850.000.

Baca selengkapnya di sini

5. Intip Gaji Pensiunan Polisi, dari Tamtama hingga Purnawirawan Jenderal

Polisi merupakan profesi yang sangat diminati di Indonesia. Gaji dan tunjangan tetap serta kenaikan pangkat rutin jadi salah satu alasannya.

Daya tarik lain menjadi polisi adalah kepastian tunjangan setelah memasuki masa pensiun, suatu keistimewaan yang juga dimiliki pensiunan pegawai negeri sipil (PNS).

Lalu sebenarnya berapa gaji pensiunan polisi, dari purnawirawan pangkat tamtama hingga jenderal?

Gaji pensiunan polisi sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 Tahun 2019. Gaji yang diterima pensiunan polisi ini berbeda-beda yang disesuaikan dengan pangkat terakhir dan lamanya masa pengabdian di dinas kepolisian.

Simak selengkapnya di sini

https://money.kompas.com/read/2021/11/22/054000626/-populer-money-jokowi-pernah-bentak-dirut-pertamina-bahagianya-luhut-sirkuit

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke