Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belanja Pemerintah Bantu Genjot Penyaluran Pinjaman Investree

Co-Founder & CEO Investree Adrian Gunadi menjelaskan, pada 2021, Investree bermitra dengan LKPP melalui e-catalog atau pengadaan online yang saat ini digunakan pemerintah.

“Waktu pandemi, kita melihat belanja pemerintah sangat tinggi. Investree bekerja sama dengan e-catalog dan LKPP untuk terus mendukung UKM yang melakukan pnjualan barang kepada pemerintah,” kata Adrian secara virtual, Selasa (23/11/2021).

Pada 2020-2021, belanja pemerintah terbesar melalui LKPP adalah alat kesehatan dan pertanian yang menjadi segmen utama dan berkontibusi pada pertumbuhan penyaluran pinjaman Investree yang mencapai Rp 3,7 triliun.

“Dari total tersebut, kurang lebih 30 persen dikontribusikan dari sektor UKM. Yang jadi fokus kita jumlah UKM yang terdaftar di LKPP hampir 170.000 dan PR kita adalah bagaimana bisa memberikan akses kepada jumlah UMKM tersebut memperoleh modal kerja karena kita melihat potensi pasar LKPP pemerintah sangat besar,” jelas dia.

Adrian mengungkapkan, selain kerja sama dengan LKPP, saat ini Investree juga memiliki dua platform pengadaan barang dan jasa online dari joint venture yakni, Mbiz yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Bali, dan Garuda Financial yang merupakan akses pembiayaan kepada UKM yang menang tender.

“Sampai dengan saat ini yang sudah kita fasilitasi sejak awal pendirian hampir Rp1,1 triliun yang kita fasilitasi melalui segmen belanja pemerintah ini. Harapannya kitab isa meningkatkan penetrasi di belanja pemerintah ini supaya UKM naik kelas,” jelas dia.

https://money.kompas.com/read/2021/11/24/082713426/belanja-pemerintah-bantu-genjot-penyaluran-pinjaman-investree

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke