Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengirim Lamaran Kerja via Email Secara Profesional

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pelamar kerja masih belum paham tentang bagaimana cara mengirim lamaran kerja via email secara profesional. Padahal hal tersebut cukup krusial untuk menentukan apakah lamaran Anda dilirik oleh para perekrut kerja atau akan diabaikan.

Sebaik apapun lamaran kerja yang Anda buat, jika cara pengirimannya bermasalah, bisa jadi email-mu akan diabaikan. Untuk itu, ada baiknya Anda memahami betul cara melamar kerja lewat email yang tepat dan sesuai etika.

Berikut cara mengirim lamaran kerja via email secara profesional yang dikutip Kompas.com pada Rabu (24/11/2021) dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan, @kemnaker:

Cara Mengirim Lamaran Kerja via Email Secara Profesional

  • Alamat Email yang Profesional

Pastikan Anda memiliki alamat email yang terlihat profesional. Misalnya gunakan nama depan dan belakang Anda dalam alamat email tersebut.

  • Lampirkan Dokumen

Jika CV kamu masih berbentuk Microsoft Word, ada baiknya diubah atau di-convert ke dalam bentuk PDF. Lampirkan beserta file pendukung lainnya yang dibutuhkan perusahaan.

  • Subject dan Body Email

Tuliskan subject email dengan jelas dan singkat. Misalnya (posisi yang dilamar) - (nama lengkap Anda).

Sedangkan pada body email ditulis sebagai CV ringkas. Sebab, bagian tersebut merupakan hal pertama yang akan dibaca pihak HRD perusahaan.

Jika cara mengirim lamaran kerja via email secara profesional Anda benar-benar perhatikan, bisa jadi akan menjadi penentu nasib Anda dalam melamar kerja di lowongan tersebut.

Sebab, format lamaran kerja yang baik dan benar akan membuat para HRD tertarik melirik lamaran kerja yang Anda kirimkan tersebut. Jika mereka tertarik, maka HRD akan membaca dokumen yang kamu lampirkan secara menyeluruh.

Jika tidak, bisa-bisa lamaran kerja Anda akan diabaikan. Hal tersebut akan mempengaruhi peluang Anda bekerja di perusahaan tersebut.

https://money.kompas.com/read/2021/11/24/100000826/cara-mengirim-lamaran-kerja-via-email-secara-profesional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke