Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Omzet Turun hingga 90 Persen Saat Pandemi, Ini Cara Bertahan Bakpia Kukus Tugu Jogja

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakpia Kukus Tugu Jogja adalah salah satu bisnis oleh-oleh yang terpukul pandemi dari banyak bisnis lainnya.

Sebab, usaha oleh-oleh yang berdiri dari tahun 2017 yang lalu ini memiliki segmentasi pasar yang menargetkan para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Rizka Wahyu Romadhona, pemilik Bakpia Kukus Tugu Jogja, mengatakan, omzetnya turun hingga 90 persen sejak adanya pandemi.

"Pas pandemi kita benar-benar enggak ada persiapan sama sekali. Jadi begitu pandemi, usaha kita bisa dibilang turun dari 85-90 persen," ujar Rizka dalam wawancara eksklusif bersama ShopeePay secara virtual, Rabu (23/11/2021).

Hal ini pun membuat Rizka bersama timnya memutar otak untuk mencari cara bertahan.

Hingga akhirnya mereka sepakat untuk masuk ke platform online dan menggunakan digital marketing seperti beriklan di media sosial agar tetap bisa menjangkau pembeli.

"Selain itu, dari sisi metode pembayaran juga kami ubah karena pada saat pandemi dituntut untuk cashless, jadi kami memanfaatkan pembayaran digital seperti ShopeePay," ungkapnya.

Diakuinya, pembayaran digital sangat bermanfaat bagi pengembangan bisnisnya. Rizka mengatakan, untuk traffic pembayarannya lewat ShopeePay, tercatat ada 50 persen dari total transaksinya.

Selain memaksimalkan pemasaran daring, Bakpia Kukus Jogja juga konsisten menjaga kualitas produknya.

Rizka dan suaminya juga berkomitmen untuk memberikan cita rasa bakpia kukus yang tak mengecewakan para konsumennya.

Tak hanya itu, diakui Rizka, untuk tetap mempertahankan bisnisnya hingga saat ini, pihaknya selalu mempertimbangkan selera para konsumennya.

"Dalam menjual produk kami tidak mau egois. Misalnya ada satu menu yang saya rasa kok produk ini tidak cocok dengan saya, tapi ketika saya minta pelanggan kami mencoba dan ternyata mereka bilang rasanya oke, ya tetap akan kami jual," ungkap Rizka.

https://money.kompas.com/read/2021/11/26/061023326/omzet-turun-hingga-90-persen-saat-pandemi-ini-cara-bertahan-bakpia-kukus-tugu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke