Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Account Executive: Definisi, Jenjang Karier, dan Gaji

Dilansir dari Investopedia, account executive adalah pekerja yang sehari-hari bertanggung jawab untuk mengelola hubungan bisnis dengan klien.

Pekerjaan sebagai seorang account executive biasanya dilakukan di industri iklan, public relations, hingga industri jasa keuangan.

Namun demikian, sebenarnya profesi account executive juga dibutuhkan oleh industri lain seperti industri media, hingga jasa layanan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) kumputer.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai profesi account executive, jenjang karier, hingga gaji account executive, Anda bisa menyimak artikel berikut.

Apa itu Account Executive?

Dilansir dari Hubspot, account executive adalah sebuah profesi yang berfungsi untuk menangani klien-klien dari sebuah perusahaan.

Tugas utama seorang account executive adalah menumbuhkan akun-akun, memproyeksi ancaman risiko, serta menjaga pertumbuhan akun dari klien mereka sehingga klien merasa puas.

Sementara itu, dilansir dari Investopedia, seorang account executive adalah sosok utama yang menghubungan antara vendor dengan kliennya.

Hubungan seorang account executive dengan klien biasanya dilakukan di awal negosiasi bisnis dilakukan.

Setelah melakukan pitching dan negosiasi, seorang account executive juga bertanggung jawab untuk memenuhi beragam syarat dalam kontrak untuk menjaga kepuasan klien.

Lalu, apa latar belakang pendidikan dari seorang account executive?

Sebenarnya, tak ada studi khusus yang secara langsung akan mengarahkan seseorang menjadi account executive. Namun biasanya, kebanyakan kandidat dari account executive memiliki latar belakang pendidikan bisnis administrasi, komunikasi, dan marketing atau pemasaran.

Biasanya, account executive nenukuju tanggung jawab untuk membawa bisnis baru dengan kuota tertentu dalam satu tahun. Bisnis baru tersebut lah yang biasanya disebut sebagai klien perusahaan.

Di sisi lain, seorang account executive juga bisa ditugaskan untuk mendampingi klien penting dengan perlakuan khusus. Satu account executive bisa memegang lebih dari satu klien, misalnya saja, ia mengelola campaign iklan dari sebuah perusahaan makanan dan minuman, serta makanan cepat saji dalam satu waktu.

Adapun beberapa keahlian yang diperlukan untuk menjadi seorang account executive adalah sebagai berikut:

  • Kemampuan menjual untuk bisa membawa klien baru serta menawarkan kluen yang sudah ada mengenai produk dan layanan baru
  • Kemampuan project management untuk menjaga kinerja dalam mengelola proyek lebih dari satu klien
  • Kemampuan people management untuk bisa bekerja dengan orang dari beragam latar belakang
  • Kemampuan komunikasi yang luar biasa untuk menjaga hubungan dengan klien.

Jenjang Karier dan Gaji Account Executive

Di awal karier, seorang account executive menduduki posisi junior account executive. Pada posisi di mana Anda masih dalam tahap belajar, Anda akan mempelajari ilmu marketing, sales, bisnis, menyusun laporan, hingga mempelajari cara berkomunikasi yang baik.

Tentu saja, Anda akan mendapatkan beragam kritik dan masukan dari senior di masa awal sebagai seorang junior executive. Namun demikian, jangan khawatir, beragam kritik tersebut akan membangun Anda menjadi seorang account executive yang lebih profesional.

Selanjutnya, Anda bisa naik posisi menjadi seorang senior account executive. Bila kemampuan Anda kembali meningkat, Anda akan diangkat sebagai seorang account manager.
Lalu, berapa gaji account executive dari level junior hingga account manager?

Dikutip dari Glassdoor, besaran gaji seorang account executive di Jakarta sangat beragam. Rata-rata gaji seorang account executive yang bekerja di Jakarta sekitar Rp 6,03 juta.
Di level junior, kisaran gaji account executive adalah sebesar Rp 6 juta sedangkan di level senior sekitar Rp 9 juta.

Sedangkan untuk account manager, besaran gaji diperkirakan lebih dari Rp 10 juta.

https://money.kompas.com/read/2021/11/27/154958926/account-executive-definisi-jenjang-karier-dan-gaji

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke