Salin Artikel

50 Tahun Menikah, Luhut Beberkan Tips Pernikahan Awet

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan baru saja merayakan tahun emas pernikahan dengan istrinya, Devi Simatupang.

Keduanya telah terikat pernikahan selama 50 tahun.

Luhut pun sejenak mengingat kembali awal mula ketertarikannya dengan sang istri.

Bahkan, ia merasa utang budi dengan istrinya karena selama pernikahan belum mampu hadir secara penuh menemaninya hingga membesarkan anak-anak mereka.

Hal ini disebabkan Luhut yang sedari dulu menjalani tugas militer hingga menjadi Jenderal Kopassus.

"Sejak awal kami mengucapkan ikrar suci pernikahan di altar, saya menganggap dia sebagai pasangan hidup. Yang berarti dia punya peran yang setara dengan saya dalam rumah tangga, meskipun pada kenyataannya peran dia lebih besar dari saya karena berhasil mengasuh dan mendidik anak-anak kami. Dan seringnya memang tanpa kehadiran saya di rumah karena tugas sebagai prajurit," ujar Luhut, sebagaimana dikutip dari akun Instagramnya, @luhut.pandjaitan, Sabtu (27/11/2021).

"Saya paham betul bahwa memilih akan selalu jadi hal yang sulit, karenanya saya akan selalu bersyukur dan berutang banyak kepada istri saya karena dia dengan ikhlas menerima dan menjalani pilihan yang sulit dengan menjadi seorang istri prajurit yang memberikan seluruh tenaga, waktu, dan pikirannya untuk negara," sambung dia.

Meski bertugas sebagai prajurit dan kerap meninggalkan keluarga, Luhut mampu menjaga hubungan rumah tangga hingga kini dan menua bersama. 

Ia pun memberikan tips cara mempertahankan hubungan rumah tangga mereka.

"Maka ketika saya ditanya bagaimana caranya menjaga pernikahan agar awet sampai 50 tahun? Saya katakan bahwa saling mengerti dan saling percaya adalah kunci utama. Perlakukanlah pasanganmu sebagai partner atau teman dalam hal apapun," ucap Luhut.

Ia menilai, perbedaan pendapat dan masalah dalam pernikahan itu suatu hal yang lumrah. Asalkan, tetap saling menghormati satu sama lain.

"Happy Anniversary My Partner in Life. No one in the world would understand me, in the best way you always do to me," ucap Luhut.

https://money.kompas.com/read/2021/11/27/204048226/50-tahun-menikah-luhut-beberkan-tips-pernikahan-awet

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.