Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cakupan Keunggulan yang Dimiliki Indonesia di Perdagangan Internasional

KOMPAS.com - Cakupan keunggulan produk komoditas mutlak diperlukan untuk bisa memenangkan perdagangan internasional. Wilayah yang memiliki keunggulan atas produk tertentu menimbulkan banyaknya permintaan dari wilayah luar. Ada beberapa cakupan keunggulan yang dimiliki indonesia. 

Seperti diketahui, teknologi dan sumber daya sangat berpengaruh pada produksi sehingga bisa membuat proses produksinya efisien yang pada akhirnya akan meningkatkan penawaran. 

Kondisi ini tentunya membuat wilayah tersebut memiliki keunggulan, sehingga pada akhirnya akan banyak menimbulkan permintaan. Pada prinsipnya, wilayah yang memiliki keunggulan atas produk tertentu menimbulkan permintaan.

Dikutip dari Investopedia, perdagangan internasional adalah memungkinkan negara-negara untuk memperluas pasar mereka dan mengakses barang dan jasa yang mungkin tidak tersedia di dalam negeri. 

Sebagai hasil dari perdagangan internasional adalah pasar menjadi lebih kompetitif. Hal ini pada akhirnya menghasilkan harga yang lebih kompetitif dan bisa menjual produk yang lebih murah ke konsumen.

Cakupan keunggulan yang dimiliki Indonesia

Apa saja cakupan keunggulan yang dimiliki Indonesia dalam perdagangan internasional?

Berikut ini adalah cakupan keunggulan yang dimiliki indonesia:

1. Tanah yang subur

Indonesia adalah negara dengan pemilik tanah yang subur, terutama di Pulau Jawa. Hal ini menjadi keunggulan Indonesia dalam produk ekspor terutama sektor pertanian. 

2. Kaya mineral

Selain subur, cakupan keunggulan yang dimiliki indonesia adalah kaya akan sumber daya mineral. Banyak potensi sumber daya alam yang bisa ditambang dari perut bumi Tanah Air seperti nikel, bauksit, emas, timah, tembaga, dan sebagainya. 

3. Laut

Tak bisa dipungkiri, cakupan keunggulan yang dimiliki indonesia berikutnya adalah laut dan sumber daya di dalamnya. Apalagi, laut adalah mencakup dua pertiga wilayah Indonesia. 

Sebaliknya, ada beberapa komponen yang bukan merupakan cakupan keunggulan yang dimiliki indonesia, salah satunya teknologi. 

Apalagi ketika usaha suatu negara harus melawan usaha kompetitor yang sejenis, pastinya akan sulit untuk menarik perhatian target pembeli yang sama. 

Yang mengemukakan perdagangan internasional terjadi apabila ada perbedaan keunggulan komparatif adalah David Richardo. 

Itulah beberapa informasi cakupan keunggulan yang dimiliki indonesia dan wilayah yang memiliki keunggulan atas produk tertentu menimbulkan naiknya permintaan. 

https://money.kompas.com/read/2021/11/28/161431426/cakupan-keunggulan-yang-dimiliki-indonesia-di-perdagangan-internasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke