Salin Artikel

Ingin Mencabut Surat Pengunduran Diri, Mungkinkah?

Beberapa pertimbangan tersebut misalnya, perusahaan tempat Anda bekerja ternyata memberikan tawaran yang lebih menarik, atau Anda mendapatkan beberapa kejanggalan di tempat Anda akan bekerja kelak.

Bila demikian, mungkinkah Anda mencabut surat pengunduran diri yang telah Anda ajukan?

Bila iya, bagaimana caranya?

Untuk bisa memahami lebih lanjut mengenai etika mencabut surat pengunduran diri dan cara mencabut surat pengunduran diri, Anda bisa menyimak artikel berikut.

Cara Mencabut Surat Pengunduran Diri

Dilansir dari The Balance Careers, Anda sangat mungkin untuk mencabut atau membatalkan surat pengunduran diri dengan berbagai pertimbangan yang telah disebutkan di atas.
Berikut adalah cara mencabut surat pengunduran diri seperti dikutip dari The Balance Careers:

Berbicara dengan atasan

Tentu saja, sebelum Anda mencabut surat pengunduran diri secara formal, Anda perlu berbicara dengan atasan Anda. Sangat mungkin atasan Anda merasa senang dengan keputusan Anda untuk menetap di perusahaan, dan justru membuat langkah berikutnya menjadi lebih mudah.

Mengungkapkan dalam tulisan

Bila Anda sudah mantap dengan keputusan untuk mencabut surat pengunduran diri, Anda perlu untuk menulis surat pembatalan pengunduran diri secara formal.

Surat ini harus bersifat profesional yang berisi secara detil mengenai permintaan Anda untuk menetap di kantor Anda saat ini. Perlu diingat, surat tersebut bersifat permintaan.

Sehingga,Anda perlu merendahkan nada Anda pada surat tersebut dan bersiap dengan penolakan pembatalan surat pengunduran diri.

Bersiap dengan berbagai kemungkinan

Perlu kembali ditekankan, sangat mungkin bos Anda senang dengan keputusan Anda untuk bertahan di perusahaan, namun sangat mungkin pula bos Anda memutuskan untuk tidak mengabulkan permintaan Anda untuk mencabut surat pengunduran diri.

Bila demikian, maka Anda harus bersiap untuk meninggalkan kantor Anda sesuai dengan renccana awal. Mmaka dari itu, Anda perlu bersiap dengan memperbarui CV Anda, serta jaringan Anda serta berbagai surat rekomendasi untuk mencari pekerjaan baru.

Cara Menulis Surat Pencabutan Pengunduran Diri

Untuk menulis surat pencabutan pengunduran diri, simak tips berikut:

Pastikan singkat dan to the point

Meski Anda ingin membuat surat pembatalan pengunduran diri secara taktis sehingga mengurangi risiko memunculkan masalah baru di kemudian hari, Anda tetap harus menjaga surat Anda tetap singkat dan langsung pada pokok permasalahan.

Anda tak perlu membuat surat yang terlalu bertele-tele.

Surat Anda perlu diawali dengan detil terpenting yakni Anda mengungkapkan permintaan untuk mencabut surat pengunduran diri sesuai dengan tanggal yang telah Anda tuliskan dan Anda ingin tetap bekerja di posisi Anda saat ini.

Ucapan terima kasih

Sama seperti ketika Anda menuliskan surat pengunduran diri, dalam surat permintaan pencabutan ini, Anda juga harus menuliskannya dalam format yang formal dan nada tulisan yang Anda tuliskan harus sopan dan profesional.

Berikut adalah contoh surat permintaan pencabutan pengunduran diri

(Nama Anda)
(Alamat dan email)

Jakarta, 1 November 2021

(Nama atasan Anda)

Kepada (Nama atasan Anda),

Saya menulis surat ini sebagai permintaan pencabutan surat pengunduran diri yang saya ajukan pada 24 Oktober 2021 lalu. Saya sangat menghargai upaya Anda untuk mempertahankan saya sebagai Account Coordinator di (perusahaan tempat Anda bekerja).
Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan untuk berdiskusi terkait keputusan saya untuk mengajukan pengunduran diri. Diskusi tersebut benar-benar membantu saya untuk memiliki keputusan yang jelas bahwa saya ingin melanjutkan membangun karir saya di (perusahaan tempat Anda bekerja).

Terima kasih atas dukungan dan pertimbangan yang Anda berikan.

Hormat saya,

tanda tangan

(nama lengkap).

https://money.kompas.com/read/2021/11/29/201427226/ingin-mencabut-surat-pengunduran-diri-mungkinkah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.