Salin Artikel

Ciri-ciri Perdagangan Internasional

KOMPAS.com - Kegiatan suatu negara untuk mendatangkan barang dari luar negeri disebut impor. Sebaliknya, aktivitas menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri disebut ekspor. 

Baik ekspor maupun impor merupakan perdagangan luar negeri. Ada beberapa ciri perdagangan internasional. Perbedaan perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional adalah pada batas negara.

Perdagangan dalam negeri yakni perdagangan antar wilayah di kawasan yang masih satu negara. Sementara perdagangan luar negeri adalah perdagangan lintas batas negara. 

Identifikasikan kegiatan dalam perdagangan internasional suatu perdagangan antara negara dengan negara yang meliputi proses ekspor dan impor yang sangat berpengaruh bagi pendapatan negara. 

Dikutip dari laman Sumber Belajar Kemendikbud, pengertian perdagangan internasional adalah suatu kegiatan tukar-menukar barang atau jasa yang didasarkan atas kehendak sukarela yang dilakukan antara dua negara atau lebih untuk memenuhi kebutuhan bersama melalui kegiatan ekspor dan impor. 

Kegiatan ekonomi ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan masing-masing negara. Keterbatasan sumber daya alam yang dimiliki masing-masing negara menjadi latar belakang perdagangan internasional terjadi. 

Ciri perdagangan internasional

Berikut ini ciri perdagangan internasional dikutip dari Gramedia Blog:

Berikut ini beberapa faktor pendorong perdagangan internasional:

  • Perbedaan sumber daya alam
  • Penghematan biaya produksi
  • Pemenuhan kebutuhan nasional
  • Perbedaan penguasaan teknologi

Itulah beberapa informasi seputar ciri perdagangan internasional serta perbedaan perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional. Simak penjelasan lengkap perdagangan internasiona; dalam tautan berikut ini.

https://money.kompas.com/read/2021/11/29/211503426/ciri-ciri-perdagangan-internasional

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.