Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Sampai Salah, Ini 5 Tips Investasi Emas

JAKARTA, KOMPAS.com - Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi yang bisa dipilih bagi para pemula. Sebab, instrumen investasi ini dianggap paling mudah dimengerti dibandingkan yang lainnya.

Selain itu, emas merupakan barang yang harganya memiliki kecenderungan naik serta jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan.

Namun, sebelum berinvestasi ada baiknya ada mengetahui beberapa tips investasi emas bagi pemula. Hal ini perlu diketahui agar Anda tak salah langkah dalam berinvestasi.

Berikut sejumlah tips investasi emas bagi pemula yang dikutip Kompas.com dari laman cimbniaga.co.id pada Selasa (30/11/2021) :

5 Tips Investasi Emas Bagi Pemula

  • Pastikan tujuan investasi emas

Sebelum memulai investasi emas, pastikan Anda tahu untuk apa tujuan Anda berinvestasi. Cara investasi emas yang aman ialah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi.

Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi hari tua.

Misalnya, Anda sudah menargetkan dalam kurun 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Kemudian penghasilan dari gaji Anda sebagian disisihkan dan diinvestasikan di emas.

Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini maka Anda akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya. Itulah cara investasi emas yang aman pertama bagi pemula.

  • Pantau perkembangan harga emas secara berkala

Cara investasi emas yang berikutnya adalah memantau perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini, tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas.

Banyak situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Kemudian ada juga aplikasi pada ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas.

Apa tujuan Anda memantau perkembangan harga emas? Emas meski dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil terkadang juga mengalami penurunan harga.

Meski jarang, tidak ada salahnya untuk membelinya. Kemudian saat secara tiba-tiba harga emas melonjak tinggi, Anda juga mempunyai pilihan untuk kemudian menjualnya.

Namun perlu dipahami bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun.

  • Beli emas di tempat yang terpercaya

Cara investasi emas selanjutnya adalah mengetahui tempat pembelian emas. Ada beberapa tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi.

Namun Anda sebaiknya membeli emas di tempat-tempat yang menjual secara resmi dan terpercaya. Misalnya dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia tersebut dengan cara cepat namun tidak disertakan dengan sertifikat.

Salah satu tempat yang direkomendasikan dan termasuk cara investasi emas adalah membelinya di PT Antam. Anda bisa membelinya langsung di gerai penjualan emas di kantor Antam atau situs-situs e-commerce yang memang menjual emas dari perusahaan tersebut secara resmi.


Kemudian Anda juga bisa membeli dan membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian. Keduanya merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sehingga penjualannya lebih terpercaya.

  • Tempat penyimpanan emas yang aman

Selanjutnya cara investasi emas yang mudah diikuti oleh pemula ada perhatikan tempat penyimpanannya. Salah satu tips atau cara investasi emas adalah Anda juga harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman.

Yang paling mudah ialah menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau safety box. Jika merasa kurang aman Anda juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank.
Tentunya jika memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang diperlukan. Harga untuk menggunakan SDB relatif tergantung dengan bank masing-masing.

Untuk SDB sendiri selain emas bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang maupun surat-surat berharga lainnya seperti sertifikat rumah atau tanah.

  • Fokus masa depan

Cara investasi emas yang selanjutnya adalah fokus di masa depan. Anda harus memahami bahwa investasi merupakan tabungan untuk masa depan baik itu yang sifatnya jangka pendek atau jangka panjang yakni bisa 10 sampai 15 tahun mendatang.

Jadi saat melakukan investasi, termasuk investasi emas, perlu kesabaran dalam melihat hasilnya. Investasi emas sangat cocok sebagai investasi jangka panjang sehingga hasilnya baru terasa setidaknya 5-10 tahun mendatang.

Ingat, investasi berbeda dengan jual beli yang memang bertujuan untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat. Karena itu dalam berinvestasi emas, Anda harus fokus terhadap tujuan dan masa depan yang ingin Anda capai. Jadi, fokus pada masa depan adalah cara investasi emas yang bisa Anda terapkan.

Keuntungan Investasi Emas

  • Mudah dicairkan

Keuntungan dalam berinvestasi emas yang pertama adalah tingkat likuiditasnya yang tinggi atau sifatnya yang mudah dicairkan. Artinya emas mudah dicairkan ke dalam bentuk uang tunai jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang tunai untuk keperluan tertentu.

Ketimbang investasi lainnya semisal tanah atau rumah, tentu emas memiliki tingkat likuiditas yang lebih tinggi.

  • Melindungi kekayaan

Berikutnya adalah investasi emas berarti juga melindungi kekayaan. Hal ini terlihat dari harganya yang stabil dan cenderung mengalami kenaikan. Contohnya bila sewaktu-waktu terjadi inflasi maupun krisis ekonomi, harga emas malah cenderung mengalami kenaikan.

Ini sangat berbeda jika Anda hanya menyimpan uang dalam bentuk tunai. Saat kondisi perekonomian mengalami inflasi atau krisis ekonomi, nilai mata uang bisa ikut melemah.

https://money.kompas.com/read/2021/11/30/140000026/jangan-sampai-salah-ini-5-tips-investasi-emas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke