Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hunian Berkonsep TOD Pertama di Deli Serdang Siap Dihuni

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan perumahan berkonsep Transit Oriented Development (TOD) pertama di Deli Serdang, Sumatera Utara yang digarap Perum Perumnas dan PT PTPN II telah rampung dan siap dihuni. Perumahan tersebut bernama Kota Mandiri Bekala, Deli Serdang.

Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro mengatakan, tahap 1 pengembangan kawasan perumahan ini telah sukses dibangun untuk penyediaan kebutuhan perumahan di kawasan Sumatera Utara. Nantinya, pengeloaannya akan dilakukan oleh PT Propernas Nusa Dua sebagai anak usaha Perum Perumnas.

"Melalui PT Propernas Nusa Dua, hari ini dilakukan seremoni penyerahan kunci kepada konsumen Proyek Kota Mandiri Bekala Tahap 1. Kami ucapkan selamat kepada para konsumen yang telah diserah terimakan kunci pada hari ini dan terima kasih telah memilih kami sebagai developer untuk penyediaan hunian masyarakat sumatera utara," ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/11/2021).

Budi menjelaskan, Kota Mandiri Bekala Tahap 1 berdiri di atas lahan seluas 5,5 hektare untuk dikembangkan menjadi kawasan perumahan yang tidak hanya terdapat area komersil, namun juga terintegrasi dengan transportasi publik.

"Kami menyuguhkan kawasan perumahan yang nyaman dan berkualitas dengan konsep Integrated New Township yang ke depannya akan terhubung langsung dengan akses transportasi massal," kata dia.

Dengan luasan area pengembangan tahap 1 tersebut, disediakan 1.499 unit hunian dan tipe luasan yang beragam seperti tipe 21 dan tipe 30 serta dilengkapi fasilitas hunian dan area komersil yang dapat menunjang kebutuhan para penghuni nantinya.

"Inovasi dan kelebihan pada Kota Mandiri Bekala Deli Serdang ini tentunya akan menjadi daya tarik dan nilai tambah yang memiliki potensi besar ke depannya,” ucap dia.

Sebelumnya, Perum Perumnas telah juga telah mengembangkan hunian berkonsep TOD di 3 lokasi stasiun KRL Jabodetabek untuk konsep hunian highrise dan 1 lokasi stasiun KRL Jabodetabek lainnya untuk hunian landed.

Tujuan pembangunan hunian berkonsep TOD tersebut adalah untuk menurunkan penggunaan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, sehingga dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi permasalahan kemacetan yang terjadi di Indonesia dan polusi dari kendaraan yang terjadi saat ini.

Sedangkan dari sisi konsumen dapat menghemat waktu tempuh untuk menjangkau lokasi aktivitas mereka.

"Oleh karenanya, seremoni serah terima kunci pada hari ini menjadi sebuah pijakan baru bagi kami karena kawasan Deli Serdang, Sumatera Utara ini adalah kawasan hunian terintegrasi transportasi pertama di luar pulau Jawa yang kami kembangkan," tutup Budi.

https://money.kompas.com/read/2021/11/30/194500726/hunian-berkonsep-tod-pertama-di-deli-serdang-siap-dihuni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke