Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Pesan Tiket Kereta Online, Praktis Cuma 5 Menit

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur akhir tahun telah tiba, saatnya merealisasikan rencana liburan bersama keluarga. Jika kamu akan liburan menggunakan kereta api, bisa disimak cara pesan tiket kereta api online menggunakan aplikasi KAI Access.

KAI Access ini aplikasi resmi dari PT Kereta Api Indonesia untuk memudahkan pelanggannya pesan tiket kereta secara online. Cara pesan tiket kereta api online ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan penumpang yang ingin memesan tiket KA Jarak Jauh, KA Lokal atau komuter.

Berikut langkah-langkah pesan tiket kereta api online menggunakan aplikasi KAI Access. Namun sebelumnya, pastikan aplikasi KAI Access sudah diunduh dari PlayStore maupun iOS di ponsel masing-masing ya.

Pengguna bisa melakukan pendaftaran akun di menu "Akun" pada bagian pojok kanan bawah aplikasi. Lalu klik "Daftar" dan "Daftar Sekarang".

Pendaftaran hanya perlu nomor telepon dan alamat email yang masih aktif. Jika sudah berhasil membuat akun, maka pengguna bisa memesan tiket kereta api yang diinginkan.

Halaman aplikasi akan menampilkan berbagai jenis kereta sesuai dengan pencarian kereta yang sudah diisi. Pengguna bisa membaningkan jenis kereta, kelas kereta, waktu keberangkatan, dan harga sesuai dengan kebutuhannya.

3. Isi Detail Perjalanan

Cara pesan tiket kereta api online tahap selanjutnya dengan mengisi data perjalanan. Jika sudah memilih kereta, pengguna bisa isi data penumpang meliputi nomor identitas penumpang bisa berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor, nama lengkap, dan tipe penumpang.

Kemudian klik "Pilih Kursi". Pengguna bisa memilih gerbong dan nomor kursi sesuai dengan yang diinginkan.

Jika kursi sudah dipilih, maka halaman aplikasi akan berubah dan silakan centang syarat dan ketentuan pembelian tiket. Lalu pilih "Bayar Sekarang".

Pengguna bisa memilih metode membayaran yang diinginkan. Cara pesan tiket kereta api online berikutnynya, yakni apabila sudah dibayar, pengguna akan mendapatkan email bukti pembayaran transaksi.

5. Cetak Tiket

Cara pesan tiket kereta api online langkah terakhir adalah mencetak tiket. Usai pembayaran, pengguna dapat mencetak sendiri tiket di loket stasiun keberangkatan atau meminta bantuan petugas KAI menggunakan kode booking.

Sebelum jadwal keberangkatan, pastikan sudah melakukan test Covid-19 dan melengkapi pesyaratan perjalanan kereta api.

Pesan tiket kereta api online lebih mudah dengan aplikasi KAI Access. Walaupun aplikasi travel seperti tiket.com dan Traveloka juga Tokopedia menyediakan pemesanan tiket kereta online.

Itulah cara pesan tiket kereta api online via aplikasi. Jangan lupa siapkan data diri sebelum mendaftar. 

https://money.kompas.com/read/2021/12/01/113927026/cara-pesan-tiket-kereta-online-praktis-cuma-5-menit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke