Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gelar UMKM Export, BRI Targetkan Transaksi 65 Juta Dollar AS

Direktur Utama BRI, Sunarso menargetkan terjadi transaksi sebesar 65 juta dollar AS dari business matching. Angka ini meningkat dari realisasi di event yang sama tahun lalu, yakni mencapai 57 juta dollar AS.

"Memang kita inginkan mereka (UMKM dengan buyer) akhirnya deal business. Makanya tidak berlebihan kalau kita targetkan 65 juta dollar AS," kata Sunarso dalam konferensi pers UMKM Export Brilianpreneur 2021 secara virtual, Rabu (1/12/2021).

Sunarso menuturkan, target tersebut tidak berlebihan lantaran event diselenggarakan secara virtual. Event yang terselenggara secara virtual ini mampu menjangkau UMKM, pembeli, hingga pengunjung lebih banyak lagi.

Sunarso menjelaskan, pelaksanaan event bertujuan untuk memperbesar peranan UMKM secara nasional maupun secara global. Sebab, UMKM mendominasi 99 persen dari total entitas usaha di Indonesia.

Kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pun mencapai 61 persen dan mampu menyerap tenaga kerja hingga 97 persen. Besarnya kontribusi UMKM di kancah global juga membantu memperbaiki neraca pembayaran RI.

"Kita tahu bahwa tugas dari negara adalah memberi kesejahteraan kepada rakyat, cara terbaik menyejahterakan rakyat adalah dengan memberi pekerjaan. Maka segmen UMKM berkontribusi menyejahterakan rakyat," ucap Sunarso.

Sunarso berujar, UMKM yang ikut dalam event adalah UMKM yang sudah dikurasi sejak bulan Januari 2021.

Selama masa kurasi, UMKM diedukasi berbagai materi, seperti spirit wirausaha, administrasi dan manajerial, serta prinsip good corporate governance (GCG).

Materi lainnya adalah penggunaan teknologi dalam pemasaran, penetrasi di marketplace, hingga cara membuat produk mengikuti selera konsumen.

"Artinya proses seleksinya ketat melalui proses kurasi itu. Nanti yang lolos ataupun yang tidak lolos (proses kurasi) akan mendapat masukan bahwa produk harus diperbaiki seperti ini, ada teknologinya. Begitu juga soal sertifikasi," beber dia.

SEVP Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi menambahkan, target transaksi dalam business matching tidak berlebihan lantaran terjadi peningkatan jumlah pengunjung hingga pembeli setiap tahunnya.

Pada tahun 2019 lalu, jumlah UMKM yang ikut hanya sekitar 150 UMKM. Kemudian melonjak menjadi 400 UMKM pada tahun 2020 karena acara dilaksanakan secara hybrid (offline dan online).

Lalu dari sisi pembeli juga meningkat. Tahun lalu, jumlah pembeli mencapai 90 pembeli dari 24 negara. Tahun ini, perseroan menargetkan jumlah pembeli mencapai 150 buyer dari 30 negara.

"Dari sisi deal business matching, kita lakukan pertemuan antara UMKM dan buyer. Tahun 2019 ada 23 deal business, tahun lalu terjadi 74 deal business, tahun ini kita targetkan mencapai 120 deal business. Jadi dampaknya dapat membuka akses bagi UMKM ke pasar global," pungkas Achmad.

https://money.kompas.com/read/2021/12/01/120300626/gelar-umkm-export-bri-targetkan-transaksi-65-juta-dollar-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke