Salin Artikel

Mau Cari Inspirasi Bisnis? Kunjungi BizFest 2021

Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar, mengatakan, event ini dilakukan untuk mendorong bisnis franchise agar kembali bergairah lagi sejak dihantam pandemi.

"Kita tahu, saat ini telah terjadi penuruan investasi di bisnis Peluang Usaha, Lisensi & Waralaba imbas adanya penyebaran Covid-19. Selain itu, saat ini banyak terjadi penurunan omzet di jaringan peluang bisnis, lisensi dan waralaba di Indonesia. Oleh sebab itu kami menggandeng Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyelenggarkan BizFest 2021,” ujar Anang dalam jumpa pers Indonesia Franchise Forum dan BizFest 2021 secara virtual, Rabu (1/12/2021).

Anang memaparkan, acara BizFest 2021 akan diisi dengan sederet kegiatan yang menarik untuk diikuti, seperti Business Conference yang berlangsung pada 7 Desember 2021, Festival Peluang Bisnis (Peluang Bisnis, Lisensi & Waralaba) yang diselenggarakan pada 11-12 Desember 2021, lalu Festival Belanja Indonesia pada 7-12 Desember 2021 dan penghargaan BizFest Award pada 13 Desember 2021.

Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) Susanty Widjaja mengatakan, pihaknya bersama ASENSI AFI dan WALI berupaya mencari solusi yang tepat buat para pelaku bisnis waralaba & lisensi di Indonesia yang mengalami keterpurukan akibat pandemi, salah satunya melalui penyelenggaraan BizFest 2021.

“Kami ingin kembali menggairahkan investasi di peluang bisnis, lisensi dan waralaba, serta mendorong kenaikan transaksi di jaringan peluang bisnis, lisensi & bisnis waralaba melalui BizFest 2021,” kata Susanty.

Melalui ajang BizFest 2021, lanjut Susanty, ketiga asosiasi waralaba & lisensi akan membuat sebuah gerakan skala nasional yang ditujukan untuk mendorong pertumbuhan bisnis waralaba & lisensi di Indonesia, yakni melalui Gerakan Nasional “Ayo Berbisnis”.

Sementara itu, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan, bisnis waralaba dan lisensi mempunyai potensi yang cukup besar di Tanah Air.

Dia membeberkan, berkaca pada kondisi 2020 lalu, sektor ini berkontribusi sebanyak 0,002 persen terhadap PDB Indonesia, dengan menghadirkan 93.732 gerai dan juga melakukan penyerapan tenaga kerja sebanyak 628.662 orang.

“Didominasi dengan jasa makanan dan minuman sebesar 58,37 persen, disusul ritel dengan 15,31 persen, kemudian jasa pendidikan non formal sebesar 13,40 persen, jasa kecantikan 6,22 persen dan jasa perantara perdagangan dan binatu masing-masing 3,35 persen,” papar Oke.

Oke pun sangat mengapresiasi kegiatan BizFest 2021 ini. Dia berharap kegiatan BizFest akan menggairahkan kembali bisnis waralaba & lisensi di Indonesia seperti sebelum Covid-19 melanda.

https://money.kompas.com/read/2021/12/01/164200926/mau-cari-inspirasi-bisnis-kunjungi-bizfest-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.