Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengawali Debut di Nasdaq, Saham Grab Ditutup Melemah

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan ride-hailing Asia Tenggara, Grab, memulai debutnya di Nasdaq pada hari Kamis dengan kode emiten GRAB.

Melansir nasdaq.com, Grab adalah perusahaan terbesar sejauh ini yang melakukan merger SPAC dengan Altimeter Growth Corp, dengan nilai kesepakatan 40 miliar dollar AS yang setara dengan Rp 572 triliun (kurs Rp 14.300 per dollar AS).

Dalam pencatatan sahamnya pada Kamis waktu setempat, saham GRAB dibuka pada level 13,06 dollar AS, sempat naik mencapai 18,8 dollar AS sebelum akhirnya melemah dan ditutup pada level 8,85 dollar AS pada debutnya.

Seperti diketahui, GRAB menawarkan berbagai layanan digital seperti transportasi, pengiriman makanan, pemesanan hotel, perbankan online, pembayaran seluler, dan layanan asuransi melalui aplikasinya.

Sebagai super Apps, Grab tersedia di sebagian besar Asia Tenggara, yang kini memiliki 187 juta pengguna di delapan negara.

CEO Altimeter Capital Brad Gerstner, mengatakan, Grab adalah perusahaan ikonik, digerakkan oleh misi, dan dipimpin oleh pendiri yang membuat perbedaan dalam kehidupan orang-orang dan komunitas yang dilayaninya.

“Grab telah menunjukkan pertumbuhan yang tahan lama bahkan selama pandemi dan memainkan peran mendasar dalam digitalisasi Asia Tenggara,” kata Brad.

Kesepakatan Grab termasuk private placement senilai 4 miliar dollar AS yang dipimpin oleh Altimeter Capital Management sebagai bagian dari pembiayaan PIPE, yang merupakan proses bagi perusahaan untuk mengamankan modal dari investor tertentu untuk memungkinkan debut pasar mereka.

BlackRock, T.Rowe Price Associates, Counterpoint Global arm Morgan Stanley Investment Management dan Janus Henderson Investors adalah beberapa investor dalam yang tergabung dalam debut Grab di Nasdaq.

"Kami tidak melihat pertumbuhan dan profitabilitas sebagai sesuatu yang eksklusif. Kami beroperasi di pasar dengan peluang pasar yang besar dan penetrasi yang rendah di seluruh vertikal kami," ujar Anthony Tan.

https://money.kompas.com/read/2021/12/03/070000126/mengawali-debut-di-nasdaq-saham-grab-ditutup-melemah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke