Salin Artikel

[POPULER MONEY] Nama Ibu Kandung Jadi Lapisan Kemanan Rekening | Diskon Minyak Goreng

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama ibu kandung selalu menjadi sistem keamanan saat membuat rekening bank. Bahkan saat ini beberapa website juga meminta hal tersebut untuk lapisan keamanan penggunanya.

Contohnya, saat seorang nasabah bank mendatangi customer service bank karena masalah kehilangan pin ATM hingga kehilangan kartu debit, ia akan ditanya siapa nama ibu kandungnya. Mengapa demikian?

Berita tersebut memuncaki deretan berita populer Money hari ini, Minggu (5/12/2021). Selain itu, masih ada berita menarik lainnya yang sayang Anda lewatkan.

1. Kenapa Nama Ibu Kandung Jadi Lapisan Keamanan Rekening Bank?

Dilansir dari Ccm.net, penggunaan nama ibu kandung dalam lapisan keamanan adalah warisan sistem perbankan ratusan tahun lalu. Pada zaman dahulu, terutama orang Barat, nama ibu kandung adalah sesuatu yang sangat jarang diketahui oleh orang lain, alias hanya diketahui oleh lingkaran orang terdekat.

Apabila saat seorang wanita sudah menikah, ia akan menanggalkan nama aslinya dan mulai menggunakan nama suami sebagai nama panggilannya.
Terlebih, pada zaman dahulu, jarang terjadi kasus perceraian. Sehingga nama suami biasanya akan terus dipakai hingga ia meninggal. Hal inilah yang membuat orang luar hampir tak bisa menebak nama asli ibu kandung, sehingga hanya bisa diketahui oleh keluarganya sendiri.

Profesor Universitas Columbia dan Pakar IT, Stephen Bellovin menemukan bahwa pertanyaan rahasia "Siapa nama gadis ibumu?" telah digunakan sejak 1882.

Baca selengkapnya di sini 

2. Ada Diskon Minyak Goreng, Simak Promo Akhir Pekan di Indomaret dan Alfamart

Memasuki akhir pekan biasanya minimarket seperti Alfamart dan Indomaret memberikan beragam diskon kepada konsumennya.

Nah bagi kamu yang mau belanja kebutuhan sehari-hari, ada baiknya untuk memanfaatkan promo diskon tersebut. Karena selain bisa memenuhi kebutuhan, kita juga dapat menghemat biaya belanja.

Promo yang diberikan diantaranya adalah minyak goreng tropical 2 liter dari harga Rp 30.400 menjadi Rp 38.900, Anlene Gold 5X dibanderol dari harga Rp 42.400 menjadi Rp 35.900, DAIA Detergent dari harga Rp 31.800 menjadi Rp 26.900, Softergent Powder So Klin dari harga Rp 22.900 menjadi Rp 19.500.

Baca selengkapnya di sini 

3. Daftar 104 Pinjaman Online OJK Terbaru

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara rutin mengumumkan daftar pinjaman online resmi yang terdaftar di lembaganya. Saat ini, setidaknya sudah ada 104 pinjaman online yang terdaftar di OJK (pinjaman online OJK).

Dengan berpatokan pada pinjaman online OJK yang dirilis secara resmi, diharapkan masyarakat bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi jasa penyedian pinjaman.

Data pinjaman online resmi ini rutin diperbaharui. Masyarakat sendiri bisa mengakses daftar pinjaman online yang terdaftar di PJK atau pinjaman online OJK di laman resmi lembaga regulator keuangan tersebut.

Baca selengkapnya di sini

4. Harga Bitcoin Anjlok Lebih dari Rp 200 Juta Sehari, Mengapa?

Harga bitcoin pada perdagangan hari ini, Sabtu (4/12/2021) merosot hingga 16,83 persen menjadi di kisaran 47.197,18 dollar AS atau sekitar Rp 670,19 juta per keping.

Bila dibandingkan dengan harga sepekan yang lalu, harga bitcoin anjlok 13,24 persen.

Dilansir dari Coindesk, harga bitcoin telah anjlok hingga 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 213 juta dalam 24 jam terakhir.

Harga bitcoin anjlok disebabkan oleh ketidakpastian lantaran kemunculan virus Covid-19 varian Omicron serta ekspektasi kebijakan bank sentral Amerika Serikat (The Fed) di tengah tingkat inflasi yang tinggi.

Baca selengkapnya di sini 

5. Induk GoTo Ganti Nama Jadi PT GoTo Gojek Tokopedia, Kenapa?

Induk perusahaan Gojek yang sebelumnya bernama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa secara resmi berubah menjadi PT GoTo Gojek Tokopedia.

Sebelum merger, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa merupakan holding dari Gojek.

"Nama entitas dari perusahaan induk atau holding GoTo Group saat ini lebih merefleksikan bisnis kami sejak adanya kombinasi Gojek dan Tokopedia," ujar Corporate Affairs GoTo Nila Marita kepada Kompas.com, Sabtu (4/12/2021).

Nila menuturkan, perubahan nama perusahaan hanya bersifat administratif saja yang artinya perubahan ini tidak berdampak langsung kepada pengguna Gojek.

"Penamaan ini hanya bersifat administratif dan tidak berdampak pada penamaan produk atau operasional perusahaan," kata Nila.

Baca selengkapnya di sini 

https://money.kompas.com/read/2021/12/05/064000926/populer-money-nama-ibu-kandung-jadi-lapisan-kemanan-rekening-diskon-minyak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.