Salin Artikel

Laba Bersih ASDP Naik Rp 212 Miliar di Kuartal III 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 2,5 triliun atau naik 11,31 persen dari realisasi periode tahun lalu yang sebesar Rp 2,3 triliun.

Sementara untuk untuk laba bersih konsolidasi Kuartal III-2021, ASDP mencatatkan laba sebesar Rp 212,09 miliar atau naik 4,18 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu yang minus Rp 5,2 miliar.

"Pencapaian ini tentu buah kerja keras seluruh manajemen ASDP di pusat dan cabang. Kami terus berupaya untuk menjaga stabilitas bisnis di masa Covid-19 ini dengan melakukan efisiensi dan memprioritaskan program yang mendatangkan profit sehingga pencapaian laba ASDP pada Kuartal III ini sudah hampir menyamai kondisi sebelum Covid-19. Kami optimis, perlahan namun pasti laju bisnis akan kembali pada kondisi normal," ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/12/2021).

Shelvy menjelaskan, berdasarkan data produksi penyeberangan pada Kuartal III-2021, ASDP telah melayani sebanyak 2,75 juta penumpang atau turun 7 persen dari realisasi periode yang sama dengan tahun 2020 sebanyak 2,95 juta penumpang.

"Ada pergeseran tren dari pejalan kaki dan pengguna sepeda motor ke mobil pribadi sehingga trafik kendaraan roda empat mengalami peningkatan," ungkap Shelvy.

Peningkatan tren kendaraan roda empat/lebih mencapai 1,89 juta unit atau naik 25 persen bila dibandingkan realisasi periode sama tahun 2020 saat awal pandemi Covid-19 sebanyak 1,51 juta unit. Untuk angkutan barang, ASDP telah mengangkut hingga 778.579 ton atau naik 12 persen dari realisasi periode sama tahun 2020 sebanyak 694.705 ribu ton.

Menurut Shelvy angkutan barang yang menjadi kekuatan sektor logistik ini menjadi penopang produksi penyeberangan ASDP selama pandemi Covid-19 dan mematuhi arahan Presiden RI Joko Widodo bahwa distribusi logistik dan kebutuhan pokok tak boleh terhambat di tengah pandemi, sehingga layanan penyeberangan bagi sektor logistik harus terlayani dengan baik.

"Kami pastikan layanan terhadap angkutan logistik tetap beroperasi normal. ASDP melayani secara penuh truk barang utamanya yang membawa barang kebutuhan pokok demi menjaga pasokan di daerah tetap stabil," ujarnya.

Shelvy menambahkan, penurunan produksi penumpang pada Kuartal III ini salah satunya dipicu sebagian masyarakat patuh pada aturan pemerintah yang masih membatasi pergerakan masyarakat termasuk perjalanan dengan kapal ferry mengingat kondisi pandemi yang belum normal.

Tercatat, penurunan trafik terjadi pada kendaraan roda dua & tiga sebanyak 1,50 juta unit yang turun 24 persen bila dibandingkan realisasi periode sama tahun 2020 sebanyak 1,96 juta unit. Penurunan trafik kendaraan roda 2 dan 3, salah satunya dipicu tren masyarakat yang bergeser menggunakan kendaraan roda empat saat melakukan perjalanan dengan moda penyeberangan. Apalagi, saat ini telah tersambung akses tol baik Trans Sumatera dan Trans Jawa sehingga masyarakat dapat mengakses perjalanan darat dengan relatif cepat dan lancar.

Untuk tahun 2021 ini, ASDP menargetkan dapat meraih total pendapatan sebesar Rp 3,8 triliun dengan capaian laba bersih sebesar Rp 111,24 miliar. Adapun produksi penyeberangan pada tahun ini, ASDP membidik target penumpang yang dilayani sebanyak 5,9 juta orang, kendaraan roda 2 & 3 sebanyak 3,3 juta unit, kendaraan roda 4 sebanyak 2,9 juta unit, dan total barang yang diangkut sebanyak 1,2 juta ton.

https://money.kompas.com/read/2021/12/05/185000826/laba-bersih-asdp-naik-rp-212-miliar-di-kuartal-iii-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.