Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Sekolah Termahal di Indonesia, Ada yang Biayanya Seharga Fortuner

Selain ingin agar anaknya pintar dan masuk ke universitas ternama, orang tua juga memiliki kebanggan tersendiri karena mampu menyekolahkan anaknya di sekolah paling mahal.

Sekolah termahal di Indonesia menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang proses belajar anak dengan nyaman.

Berdasarkan laman platform pembiayaan pendidikan Pintek.id, sekolah termahal di Indonesia umumnya merupakan sekolah internasional yang terletak di Jakarta.

Sekolah internasional umumnya menggunakan kurikulum berbasis internasional seperti kurikulum International Baccalaureate (IB) atau International General Certificate of Secondary Education (IGCSE).

Tak hanya memiliki metode pembelajaran yang berbeda dengan sekolah nasional pada biasanya, siswa sekolah termahal ini juga menggunakan bahasa Inggris saat berada di lingkungan sekolah.

Dengan fasilitas dan tenaga pendidik yang mumpuni, maka jangan heran jika biaya masuk sekolah termahal di Indonesia setara harga satu mobil mewah Toyota Fortuner yang harganya hampir Rp 500 juta.

Berikut jajaran sekolah termahal di Indonesia:

1. Jakarta Intercultural School (JIS)

Sekolah yang berada di di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan ini termasuk ke dalam salah satu sekolah termahal di Indonesia.

Untuk menempuh studi di sekolah termahal di Jakarta berlabel internasional ini, para orangtua harus menyiapkan uang sekitar Rp 496,5 juta per tahun.

Total biaya pendidikan tersebut sudah termasuk uang masuk Rp 22 juta per tahun, uang pendaftaran Rp 5 juta, uang pengembangan sekolah Rp 54,6 juta per tahun dan uang sekolah sebesar Rp 419 juta per tahun.

Tak hanya itu, ada juga biaya tambahan untuk aktivitas sekolah seperti LEAD Week, international sporting and cultural trips, perjalanan terkait mata pelajaran tertentu, ujian IB dan AP, kelulusan, instrumen musik, dan lain-lain.

Selain menggunakan program IB diploma dan Advanced Placement (AP), sekolah termahal di Jakarta ini juga memiliki segudang fasilitas terbaik di dalamnya.

Beberapa fasilitas mewah ada di sana, seperti studio seni, auditorium, laboratorium komputer, perpustakaan,ruang musik, laboratorium sains, kolam renang, dan lapangan tenis.

Dikutip dari laman resmi JIS, rincian total biaya sekolah ini sebagai berikut:

2. British School Jakarta

Sekolah yang berada di Pondok Aren, Tangerang Selatan ini didirikan di bawah perlindungan kedutaan besar Britania Raya pada tahun 1973 di Jakarta.

Orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya ke sekolah termahal di Jakarta ini harus merogoh kocek yang tidak murah yakni Rp 300 juta per tahun.

Berikut adalah rincian biaya pendidikan di sekolah paling mahal iniseperti dikutip dari situs resminya:

  • Biaya pendaftaran Rp 4 juta dan bila diterima, wajib membayar Uang Jaminan sebesar Rp 30 juta.
  • Siswa baru di kelas 12 dan 13, juga wajib membayar uang pendaftaran khusus program IB sebesar Rp 30 juta.
  • Uang pembangunan untuk kelas 11-13 Rp 55 juta per satu tahun.

Uang sekolah, pelunasan dapat dilakukan per semester ataupun per tahun. Rincian biayanya:

3. ACG School Jakarta

Sekolah termahal di Indonesia lainnya adalah ACG School Jakarta. Sekolah internasional yang terletak di Warung Jati, Jakarta Selatan ini menerapkan kurikulum IB langsung dari Selandia Baru.

Berdasarkan laman resminya, berikut adalah rincian biaya SPP sekolah paling mahal ini yang harus dibayar setiap tahun, yaitu:

  • TK usia 3 tahun sebesar Rp 130 juta.
  • TK usia 4 tahun sebesar Rp 155,5 juta.
  • SD kelas 1 dan 2 sebesar Rp 235 juta.
  • SD kelas 3 sampai 6 sebesar Rp 295 juta.
  • SMP kelas 7-11 sebesar Rp 306,5 juta.
  • SMA kelas 12-13 sebesar Rp 310,5 juta.

Belum termasuk biaya pendaftaran Rp2,5 juta, biaya pembangunan sebesar Rp 37,6 juta, biaya transportasi sebesar Rp 19,3 juta per semester, dan biaya English Language Support (ELS) Rp 37 juta per semester.

4. New Zealand School Jakarta

Sekolah berbasis internasional yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan ini mengadopsi kurikulum dari Selandia Baru atau New Zealand Curriculum, NZC.

Jika berbicara soal biaya sekolah, sekolah paling mahal ini membebankan sejumlah biaya seperti Biaya Pengembangan Tahunan (BPT) yang dibayarkan untuk satu tahun penuh dan juga biaya SPP.

Selain itu, para siswa juga akan dikenakan biaya pendaftaran siswa baru sebesar Rp 4 juta untuk tahun awal dan Rp 5 juta untuk siswa tingkat SD dan SMP.

Seperti dilansir dari portal resminya, berikut adalah total biaya sekolah di New Zealand School Jakarta:

  • Opsi pembayaran tahunan atau annual plan untuk playgroup Rp 48,7 juta, TK Rp 84,9 juta, SD Rp 195,6 juta, dan SMP Rp 199,4 juta.
  • Opsi pembayaran setengah tahun yaitu untuk playgroup Rp 50,9 juta, TK Rp 89,1 juta, SD Rp 203,3 juta, dan SMP Rp 207,2 juta.
  • Opsi pembayaran termly plan yakni playgroup Rp 53,3 juta, TK Rp 93,3 juta, SD Rp 210,9 juta, dan SMP Rp 215,2 juta.

Selain itu, siswa juga akan dikenakan biaya tambahan secara terpisah untuk bis sekolah, katering atau kantin, seragam, ekstra kurikuler, dan biaya ujian untuk siswa SMP.

5. Global Jaya School

Global Jaya School merupakan sekolah internasional yang terletak di Bintaro Jaya Sektor IX, Tangerang dan termasuk ke dalam salah satu sekolah termahal di Indonesia.

Merujuk dari laman resminya, sekolah paling mahal ini membagi biaya sekolah menjadi dua komponen yaitu SP atau biaya pengembangan dan SPP atau biaya pendidikan.

Namun untuk pembayaran SP hanya berlaku untuk siswa kelas 1-12 dan tidak ada pembayaran biaya SP untuk siswa TK.

Sedangkan untuk pelunasan pembayaran SP dapat dilakukan dengan dua opsi pembayaran, yaitu pelunasan dilakukan setiap tahun sekolah atau pelunasan dilakukan enam tahun sekolah sekaligus di muka. SP untuk setahun Rp 23 juta atau untuk enam tahun Rp 98,8 juta.

Adapun rincian biaya SPP berikut dengan kedua opsinya adalah sebagai berikut:

Demikian jajaran sekolah termahal di Indonesia. Meski biayanya harus merogoh kocek sangat dalam, namun metode pembelajaran, fasilitas, serta tenaga pendidiknya juga mumpuni.

https://money.kompas.com/read/2021/12/06/073600626/deretan-sekolah-termahal-di-indonesia-ada-yang-biayanya-seharga-fortuner

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke