Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenkeu: 20 Tahun Terakhir Pertumbuhan Ekonomi RI Tak Pernah di Bawah Global

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia selama 20 tahun terakhir tidak pernah di bawah pertumbuhan ekonomi global.

Kepala BKF, Febrio Nathan Kacaribu menyebut hal ini membuat Indonesia menjadi strategis di mata dunia. Bahkan Indonesia masuk ke jajaran 20 negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar, yakni G20.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia itu dalam 20 tahun terakhir tidak pernah di bawah pertumbuhan ekonomi global, selalu kita tumbuhnya di atas pertumbuhan ekonomi global," kata Febrio dalam webinar KTT G20 Kontan secara virtual di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Di tahun 2022 ketika Indonesia menjadi presidensi G20, ekonominya ditarget tumbuh 5,2 persen. Sedangkan, lembaga internasional memproyeksi pertumbuhan ekonomi dunia lebih rendah dibanding target pertumbuhan ekonomi RI.

OECD memproyeksi ekonomi dunia hanya tumbuh 4,5 persen di tahun 2022. IMF memprediksi ekonomi dunia tumbuh 4,9 persen, sementara Bank Dunia mencapai 4,3 persen.

Adapun di jajaran G20, Indonesia masuk ke negara dengan PDB ke-16 terbesar di dunia. Hal ini menjadi modal utama RI dilihat di mata dunia, khususnya untuk berpartisipasi dalam mengambil keputusan berskala global.

"Itu yang membuat posisi Indonesia menjadi sangat semakin kuat dan semakin strategis dan posisi Indonesia ini sangat diperhitungkan mulai dari sekarang sampai nanti," jelas Febrio.

Selain Indonesia kata Febrio, ada dua negara lagi yang pertumbuhan ekonominya selalu di atas pertumbuhan ekonomi dunia. Menariknya, dua negara itu bukanlah negara maju seperti AS.

Dua negara itu adalah China dan India. Negara lain seperti AS, Jepang, dan Prancis justru sempat mengalami beberapa masalah dengan pertumbuhan ekonominya.

"Dalam waktu tertentu pertumbuhannya di bawah pertumbuhan ekonomi global, lebih sering di bawah pertumbuhan ekonomi global. Jadi 3 negara ini, Indonesia, China, dan India memang leader untuk pertumbuhan ekonomi," tutur Febrio.

https://money.kompas.com/read/2021/12/06/154000326/kemenkeu--20-tahun-terakhir-pertumbuhan-ekonomi-ri-tak-pernah-di-bawah-global

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke