Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Depresiasi Kecil, BI Klaim Rupiah Termasuk Mata Uang Terbaik di Asia

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menilai volatilitas mata uang rupiah menjadi salah satu yang terbaik di Asia, utamanya di kawasan negara berkembang Asia (emerging Asia)

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo menuturkan, klaim tersebut didasari oleh lebih kecilnya depresiasi yang dialami rupiah dibanding mata uang negara lainnya.

"Kita termasuk sekarang di Asia, khususnya emerging Asia, termasuk currency terbaik," kata Dody dalam webinar KTT G20 Kontan secara virtual di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Dody menuturkan, bank sentral mampu menstabilkan nilai tukar termasuk saat pandemi Covid-19. Meski level nilai tukar rupiah relatif berubah dan sedikit meninggi, volatilitasnya tetap terjaga.

Dia menjabarkan, depresiasi rupiah hanya di kisaran 1,3-1,6, sedangkan depresiasi mata uang lain seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura tembus dobel digit.

"Jangan bicara level, ya. Jangan bicara kemarin Rp 13.300 (per dollar AS), besok Rp 13.400. Tapi tolong dilihat volatilitas dari sisi pergerakan nilai tukar," sebut dia.

Dody berharap, BI bisa terus menjaga nilai tukar dengan menahan tingkat inflasi tak melonjak terlalu tinggi seperti di negara-negara maju.

Bank Indonesia akan berkoordinasi dengan TPI/TPID agar pasokan barang (suplai) mampu menangani permintaan yang meningkat.

Di sisi lain, produsen masih mampu menahan kenaikan harga untuk komoditas domestik.

"Inilah strategi kita tanpa harus utak-atik masalah suku bunga. Mudah-mudahan enggak ada tekanan yang besar dr sisi inflasi. Sudah jelas, stance kebijakan moneter akan berubah menjadi pro stabilitas di tahun 2022 bila tekanan muncul kepada inflasi," pungkas Dody.

https://money.kompas.com/read/2021/12/06/182937926/depresiasi-kecil-bi-klaim-rupiah-termasuk-mata-uang-terbaik-di-asia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke