Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadi Dirut PLN, Darmawan Prasodjo Diberi Sederat Tugas dari Erick Thohir

JAKARTA, KOMPAS.com - Darmawan Prasodjo telah resmi menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero) setelah diangkat Menteri BUMN Erick Thohir pada hari ini, Senin (6/12/2021). Dia menggantikan posisi Zulkifli Zaini.

Darmawan mengungkapkan, ada sejumlah tugas yang diberikan Erick kepada dirinya dalam memimpin PLN ke depan. Diantaranya, kondisi kelebihan pasokan atau oversupply daya listrik PLN yang harus segera diselesaikan.

"Pak Menteri BUMN (Erick Thohir) memberi beberapa tugas khusus kepada PLN, pertama adalah PLN mengalami kondisi oversupply. Nah untuk itu, kondisi ini harus segera diselesaikan dengan baik," ujar Darmawan Prasodjo dalam konferensi pers di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (6/12/2021).

Ia menjelaskan, untuk mengatasi kondisi oversupply yang akan dilakukan PLN adalah berupaya meningkatkan permintaan (demand). Peningkatan permintaan akan dilakukan secara holistik, seperti dengan mendorong penggunaan kompor listrik maupun kendaraan listrik.

Selain itu, dengan menyasar peningkatan konsumi listrik di sektor-sektor pertanian, yakni mendorong perubahan budaya dari penggunaan bahan bakar minyak (BBM) menjadi menggunakan daya dari listrik.

"Kami juga melakukan banyak sekali sektor industri yang tadinya menggunakan pembangkit sendiri, sekarang bergeser menggunakan listrik dari PLN," jelasnya.

Tugas lain yang harus dikerjakan Darmawan adalah transisi ke energi baru terbarukan (EBT) untuk mendukung target pemerintah mencapat net zero energy (NZE) pada 2060. Ia bilang, PLN diminta untuk menyiapkan program yang mendorong transisi energi bisa berjalan baik.

"Ketiga, adalah (tugas) bagaimana PLN perlu melakukan restrukturisasi korporasi agar mampu lebih lincah, lebih gesit dalam menghadapi tantangan, bukan hanya masalah sekarang tapi juga di masa depan," ungkap Darmawan.

Menurut Darmawan, Erick Thohir juga berpesan agar berbagai upaya transformasi yang telah dilakukan PLN bisa diteruskan dan ditingkatkan. Terutama dari segi kinerja keuangan.

"Pak Menteri BUMN (Erick Thohir) memberi tugas agar PLN lebih kokoh dalam menjalankan tugas pemerintah, yaitu menerangi negeri, serta bisa bertransformasi dari menjadi perusahaan yang berorientasi pada masa depan," pungkas Darmawan Prasodjo.

https://money.kompas.com/read/2021/12/06/185802226/jadi-dirut-pln-darmawan-prasodjo-diberi-sederat-tugas-dari-erick-thohir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke