Salin Artikel

Besok, 10.000 Buruh Tagih Janji Anies Naikkan UMP

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 10.000 buruh akan melakukan aksi unjuk rasa nasional di tiga tempat, yakni Istana Kepresidenan, Mahkamah Konstitusi, dan Balai Kota DKI Jakarta, pada Rabu (8/12/2021).

Dalam aksi tersebut, para buruh menuntut upah minimum DKI Jakarta tahun 2022 dinaikkan dan mempertanyakan amar keputusan yang sebelumnya sudah dibacakan oleh para Hakim Mahkamah Konstitusi terkait Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020, tentang Cipta Kerja.

"Setelah itu, aksi akan bergeser ke Balai Kota atau Kantor Gubernur DKI Jakarta. Hanya satu yang kami minta kepada Bapak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yaitu menagih janjinya yang secara terbuka sudah disampaikan bahwa UMP DKI akan ditinjau ulang. Selain memperhatikan azas-azas hukum, beliau juga menyampaikan azas keadilan," kata Ketua KSPI yang juga Ketua Partai Buruh Said Iqbal dalam konferensi pers virtualnya, Selasa (7/12/2021).

Saat aksi berlangsung besok, Said meminta Gubernur DKI Anies Baswedan langsung bertindak serta mengumumkan adanya perubahan kenaikan upah minimum provinsi yang dijanjikan akan direvisi.

"Oleh karena itu, aksi buruh besok, Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan, sudah merevisi UMP DKI tahun 2022 dan mengumumkan nilai kenaikannya," ucap dia.

Sedangkan tuntutan di Mahkamah Konstitusi, buruh meminta penjelasan dari keempat pertanyaan yang selama ini menjadi perdebatan dan menimbulkan kontroversi terkait status UU Cipta Kerja inkonstitusional bersyarat dan ditangguhkan selama 2 tahun.

Pertama, pertanyaan soal maksud dari inkonsitusional bersyarat.

"Kedua, apa yang dimaksud oleh MK dengan keputusannya cacat formil? Ketiga, apa yang dimaksud dengan amar keputusan butir 4 dan butir 7 yang menyatakan UU Cipta Kerja tetap berlaku dan diperbaiki selama 2 tahun?" papar Said.

Selanjutnya, buruh juga mempertanyakan apakah PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, termasuk pengaturan upah minimum sesuai Pasal 4 ayat 2 adalah kebijakan strategis.

Rencananya, buruh akan berkumpul di Patung Kuda depan Gedung Indosat, Jakarta, sekitar pukul 09.30 WIB. Said mengklaim telah mengajukan izin kepada pihak kepolisian dan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 untuk pelaksanaan demo ini.

"Seluruh peserta aksi adalah aksi damai," jelas Said.

https://money.kompas.com/read/2021/12/07/163947126/besok-10000-buruh-tagih-janji-anies-naikkan-ump

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.