Salin Artikel

Gandeng SPHC, PGN Solution Siap Kembangkan Pasar Gas Bumi di Jateng

HoA itu berisikan kesepakatan untuk pengembangan pasar gas bumi di wilayah Jateng dan ditandatangani oleh Direktur Utama PGN M Haryo Yunianto serta Direktur Utama JPEN Muhammad Iqbal. Adapun penandatanganan turut disaksikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sebagai informasi, PGN konsisten menyiapkan infrastruktur penyaluran gas bumi sebagai milestone pemenuhan kebutuhan energi di Jateng.

Saat ini, PGN telah mempersiapkan jaringan gas pipa untuk mengantarkan gas bumi sampai di lokasi pelanggan.

Sebagai turunannya, PGN pun telah menyiapkan compressed natural gas (CNG) dan liquefied natural gas (LNG) dengan moda beyond pipeline untuk memenuhi kebutuhan pelanggan industri, komersial, dan rumah tangga di Jateng.

Bersamaan acara itu, diselenggarakan pula penandatanganan HoA kerja sama antara PT PGAS Solution sebagai bagian subholding gas dengan PT Sarana Patra Hulu Cepu (SPHC) terkait jasa engineering, procurement and construction (EPC), operation and maintenance (O&M) dan supply chain management (SCM) Infrastruktur Energi untuk mendukung rencana pengembangan lanjutan di wilayah kerja Blok Cepu.

Direktur Utama PGN Solution Erwin Simanjuntak dan Direktur Utama SPHC Wisnu Prabawa Taher menandatangani perjanjian kerja sama.

“HoA ini menjadi bagian dari upaya untuk memberikan kepastian untuk penyediaan infrastruktur dan pasokan gas bumi di Jawa Tengah,” ujar Haryo dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (8/12/2021).

Ia juga berharap, tahapan pelaksanaan sebagai turunan kerja sama dapat berjalan dengan baik seiring dengan upaya PGN dalam mengintegrasikan infrastruktur.

“Dengan begitu, distribusi gas bumi bisa lebih fleksibel dan andal. Harapannya, PGN mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Jateng serta Pemerintah Kota/Kabupaten di Jateng,” sambungnya.

Dikatakan oleh Haryo, pelaksanaan kerja sama akan didukung dengan pertukaran data dan informasi yang meliputi kondisi dan status demand, kebutuhan energi sebagai bahan baku atau bahan bakar, serta data-data lainnya.

Langkah selanjutnya, pengembangan kerja sama bisnis akan melibatkan anak perusahaan atau subsidiary PGN, seperti bisnis teknologi informasi, internet provider, dan fiber optic.
Selain itu, pengembangan bisnis terkait kegiatan engineering gas bumi seperti operasi dan pemeliharaan, EPC pipa distribusi, pipa servis, dan peralatan pelanggan PGN juga segera dilakukan.

“Penandatanganan HoA ini merupakan suatu langkah kecil sekaligus lompatan besar yang sangat berarti dalam memastikan bahwa proyek ini akan kami rampungkan hingga selesai,” sambung Erwin.

Pihaknya berharap, terjalinnya kerja sama dapat memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.

https://money.kompas.com/read/2021/12/08/134900126/gandeng-sphc-pgn-solution-siap-kembangkan-pasar-gas-bumi-di-jateng

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.