Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub Minta Dunia Penerbangan Indonesia Antisipasi Cuaca Ekstrem

Hal ini disampaikan di sela acara “Situational Awareness : Expect the Unexpected” yang diselenggarkan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) pada Rabu (8/12/2021).

"Saat ini dunia penerbangan sedang dihadapkan pada berbagai disrupsi di antaranya perubahan iklim global,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto dalam sambutannya yang dibacakan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Dadun Kohar.

Ia menambahkan, perubahan iklim global tersebut berdampak timbulnya fenomena anomali cuaca dan iklim global di antaranya fenomena La Nina, pertumbuhan bibit-bibit siklon tropis di berbagai wilayah.

“Dan ini semua harus kita antisipasi bersama baik pemerintah sebagai regulator ataupun stakeholeder penerbangan sebagai operator," seru Novie.

Ia juga berharap antara regulator dan operator melakukan diskusi proaktif yang berkelanjutan dalam menumbuhkan maupun meningkatkan kewaspadaan, kesiapan dan kesiapsiagaan para pemangku kepentingan sektor transportasi udara.

Hal tersebut terutama pada dampak fenomena anomali cuaca dan iklim yang untuk selanjutnya diharapkan mampu menetapkan langkah-langkah mitigasi global yang efektif, sistematis dan komprehensif.

"Kami juga mengharapkan ini semua tidak hanya sebagai inisiasi kewaspadaan, kesiapan dan kesiapsiagaan terhadap dampak perubahan iklim global,” jelasnya.

“Namun secara berkelanjutan mampu merumuskan kerangka aturan maupun kebijakan mitigasi untuk menjamin keselamatan operasi penerbangan dalam rangka mendukung upaya pemulihan dan ketahanan penerbangan sipil global," sambung Novie.

Sementara itu, Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Dadun Kohar menambahkan, dalam mengelola momentum libur Nataru 2021/2022 harus dilakukan dengan baik.

Bercermin dari musibah erupsi Gunung Semeru, menurutnya risiko perubahan iklim global yang melahirkan beberapa fenomena anomali cuaca, termasuk pertumbuhan bibit siklon di seluruh wilayah Indonesia sangat berdampak baik langsung maupun tidak langsung bagi operasi penerbangan di Indonesia.

"Saya berharap adanya komitmen bersama di antara regulator dengan para pemangku kepentingan sektor transportasi udara dalam hal menumbuhkan, bahkan meningkatkan kewaspadaan, kesiapan dan kesiapsiagaan, dalam menghadapi tantangan dampak perubahan iklim global tersebut, khususnya bagi keselamatan penerbangan maupun keberlangsungan operasi penerbangannya," katanya.

Pada kesempatan yang sama Plt Kasi Sertifikasi Operasi Pesawat Udara DKPPU Capt Rizal Bayu Azi menjelaskan kegiatan webinar ini bertujuan untuk memberikan informasi terkini terkait cuaca ekstrem.

Selain itu juga untuk membangun komunikasi dengan para stakeholder penerbangan guna melakukan antisipasi dan mitigasi.

Seperti yang diinformasikan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait fenomena La Nina yang puncaknya akan terjadi pada bulan Januari - Februari 2022 mendatang.

"Kami berharap ke depannya ada integrasi dan sinergi antara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan BMKG khususnya dalam sharing informasi pemutakhiran kondisi cuaca seperti prediksi, peringatan dini, rekomendasi terhadap kondisi anomali cuaca yang akurat dan real time melalui konektivitas digital,” tandasnya.

“Ini seperti yang dicanangkan pada pertemuan virtual ke 6 Aviation Safety Meeting of Indinesia (ASMI) pada 8 Desember 2020 di mana kita sepakat untuk meningkatkan synergi antara Authority, Airlines, Airport, ANSP, dan Akademisi (5A)," sambungnya.

https://money.kompas.com/read/2021/12/08/153825826/kemenhub-minta-dunia-penerbangan-indonesia-antisipasi-cuaca-ekstrem

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke