Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa yang Dimaksud dengan Perdagangan?

KOMPAS.com - Pengertian perdagangan merupakan salah satu cara mencari keuntungan yang paling umum dijumpai sehari-hari. Tapi apa yang dimaksud dengan perdagangan?

Badan Pusat Statistik menulis dalam laman resminya, perdagangan adalah kegiatan yang terkait dengan transaksi barang dan atau jasa di dalam negeri dan melampaui batas wilayah negara dengan tujuan pengalihan hak atas barang dan atau jasa untuk memperoleh imbalan atau kompensasi.

Perdagangan di Indonesia diatur di Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014. Dalam UU ini menyebutkan bahwa peranan pengertian perdagangan adalah sangat penting dalam meningkatkan pembangunan ekonomi.

Tetapi dalam perkembangannya, pengertian perdagangan belum memenuhi kebutuhan untuk menghadapi tantangan pembangunan nasional sehingga diperlukan keberpihakan politik ekonomi yang lebih memberikan kesempatan, dukungan, dan pengembangan ekonomi rakyat yang mencakup koperasi serta usaha mikro, kecil, dan menengah sebagai pilar utama pembangunan ekonomi nasional.

Dalam perdagangan, ada yang disebut produsen yaitu pihak yang membuat atau menyediakan bahan untuk diperdagangkan. Kemudian konsumen adalah pihak yang membeli barang atau jasa yang diperdagangkan produsen.

Berdasarkan situs Investopedia, apa yang dimaksud dengan perdagangan adalah konsep ekonomi dasar yang melibatkan pembelian dan penjualan barang dan jasa, dengan kompensasi yang dibayarkan oleh pembeli kepada penjual, atau pertukaran barang atau jasa antar pihak.

Dalam dunia internasional, apa yang dimaksud dengan perdagangan memungkinkan negara-negara untuk memperluas pasar baik barang maupun jasa yang mungkin belum tersedia.

Inilah alasan mengapa konsumen Amerika dapat memilih antara mobil Jepang, Jerman, atau Amerika. Sebagai hasil dari perdagangan internasional, pasar memiliki persaingan yang lebih besar dan oleh karena itu, harga yang lebih kompetitif, yang membawa pulang produk yang lebih murah ke konsumen.

Sementara di pasar keuangan, apa yang dimaksud dengan perdagangan mengacu pada pembelian dan penjualan sekuritas, seperti pembelian saham di lantai Bursa Efek New York.

Pengertian perdagangan secara luas mengacu pada transaksi mulai dari kompleksitas pertukaran kartu bisbol antara kolektor hingga kebijakan pengaturan protokol multinasional untuk impor dan ekspor antar negara.

Pengertian perdagangan antar negara memungkinkan konsumen dan negara terpapar barang dan jasa yang tidak tersedia di negara mereka sendiri.

Hampir setiap jenis produk dapat ditemukan di pasar internasional seperti makanan, pakaian, suku cadang, minyak, perhiasan, anggur, saham, mata uang, dan air. Tak hanya barang, jasa juga turut diperdagangkan seperti pariwisata, perbankan, konsultasi, dan transportasi.

Produk yang dijual ke pasar internasional adalah ekspor, dan produk yang dibeli dari pasar internasional adalah impor. Impor dan ekspor dicatat dalam neraca pembayaran suatu negara.

Pengertian perdagangan internasional tidak hanya menghasilkan peningkatan efisiensi tetapi juga memungkinkan negara-negara untuk berpartisipasi dalam ekonomi global dengan mendorong peluang investasi asing langsung (FDI), yaitu jumlah uang yang diinvestasikan individu ke perusahaan asing dan aset lainnya.

Defisit perdagangan adalah situasi di mana suatu negara membelanjakan lebih banyak untuk impor agregat dari luar negeri daripada yang diperolehnya dari ekspor agregatnya.

Defisit perdagangan menunjukkan arus keluar mata uang domestik ke pasar luar negeri. Ini juga dapat disebut sebagai neraca perdagangan negatif.

https://money.kompas.com/read/2021/12/08/184620526/apa-yang-dimaksud-dengan-perdagangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke