Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani dan Bos Pertamina Masuk Jajaran Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua wanita asal Indonesia masuk dalam jajaran perempuan paling berpengaruh di dunia versi Forbes 2021. Dua wanita tersebut adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Mengutip Forbes, Kamis (9/12/2021), posisi Nicke berada di urutan ke-27. Sementara pada tahun 2020, posisinya bertengger si urutan ke-25. Posisi bos Pertamina ini jauh di atas Sri Mulyani.

Sementara posisi Sri Mulyani berada di urutan ke-66. Posisi Sri Mulyani naik dari tahun lalu yang berada di posisi ke-78. Selain Sri Mulyani, Menteri Keuangan AS Janet Yellen masuk di posisi ke-39.

Sri Mulyani dan Nicke Widyawati masuk dalam daftar yang sama dengan beberapa tokoh penting di dunia. Peringkat pertama dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia tahun 2021 jatuh kepada mantan istri Jeff Bezos dan seorang penulis, Mackenzie Scott.

Kemudian di peringkat kedua ada Wakil Presiden AS, Kamala Harris. Kamala Harris adalah wanita berkulit hitam pertama yang menjadi wapres di AS.

Christine Lagarde menempati posisi ketiga, dia adalah Presiden Bank Sentral Eropa. Mantan istri Bill Gates, Melinda French Gates menempati posisi kelima.

Lalu, ada nama-nama terkenal lainnya, seperti Ketua Parlemen AS Nancy Pelosi di peringkat ke-15, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva di peringkat 22, dan selebriti sekaligus pengusaha Oprah Winfrey di posisi ke-23.

Forbes memiliki penilaian tersendiri ketika menyusun daftar tersebut. Menurut Forbes, masuknya wanita-wanita itu dalam daftar bukan cuma soal uang atau kekuatan di posisinya masing-masing. Mereka juga menggunakan platform publik dan suara untuk beberapa hal berpengaruh.

"Orang-orang dalam daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia berasal dari 30 negara dan wilayah dan bekerja di bidang keuangan, teknologi, politik, filantropi, hiburan, dan banyak lagi, mereka disatukan oleh rasa kewajiban," ucap Forbes.

Masuknya Sri Mulyani di jajaran wanita paling berpengaruh adalah karena kiprahnya. Sri Mulyani kembali berperan menjadi Menteri Keuangan Indonesia setelah menjabat sebagai Managing Director dan COO Bank Dunia.

Sebagai menteri keuangan, ia meningkatkan penerimaan negara melalui reformasi perpajakan yang akan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Tahun lalu, Sri Mulyani tercatat menerima penghargaan bergengsi sebagai Menteri Terbaik di World Government Summit atas usahanya untuk melaksanakan reformasi.

Saat di Bank Dunia, dia menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender. Sri Mulyani menjabat sebagai menteri keuangan Indonesia dari 2005 hingga 2010, membantu memandu transisi negara dari otokrasi ke demokrasi.

https://money.kompas.com/read/2021/12/09/082046126/sri-mulyani-dan-bos-pertamina-masuk-jajaran-wanita-paling-berpengaruh-di-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke