Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Syarat dan Cara Daftar GrabFood Gratis

JAKARTA, KOMPAS.com - GrabFood sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Layanan pesan makanan online ini memiliki beragam jenis merchat makanan dan minuman. Bagaimana cara daftar GrabFood?

Selama pandemi Covid-19, masyarakat kesulitan mengakses makanan dan minuman karena dianjurkan pemerintah untuk di rumah saja. Oleh karenanya, layanan pesan makanan online ini sangat mebantu masyarakat untuk tetap bisa jajan di GrabFood merchant tanpa harus ke luar rumah.

Tak hanya masyarakat, para pelaku bisnis kuliner yang terdaftar di GrabFood merchant juga merasa terbantu dengan layanan pesan makanan online ini. Pasalnya, penjualan mereka tetap berjalan meski pandemi Covid-19 melanda negeri.

GrabFood menyediakan wadah bagi para GrabFood merchant untuk mempromosikan menunya agar lebih dikenal, lebih laris, dan lebih mudah dijangkau oleh para pelanggan. Pelanggan juga tidak perlu repot-repot datang ke toko karena mitra pengemudi GrabFood akan mengantarkan langsung ke tempat pelanggan.

Oleh karenanya, meski ada pandemi Covid-19 para pelaku usaha kuliner tetap banyak yang daftar GrabFood menjadi merchant. Meski pelaku usaha belum memiliki toko terpisah dan membuat pesanan dari rumah, tetap bisa daftar GrabFood.

Apalagi saat ini GrabFood telah beroperasi aktif di seluruh area Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Malang, Solo, Manado, Batam, Bandar Lampung, Cirebon, Samarinda, Pekanbaru, Balikpapan, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Jambi, Sukabumi, dan Cimahi.

Ingin mempromosikan menu favorit kulinermu hingga ke seantero kota? Daftar GrabFood dengan ribuan GrabFood merchant di seluruh Indonesia dan dapatkan kesempatan lebih besar untuk memperkenalkan cita rasa menu kulinermu ke berbagai penikmat wisata kuliner.

Syarat daftar GrabFood Merchant

Berdasarkan situs resmi Grab, detail data dan dokumen yang dibutuhkan untuk cara daftar GrabFood merchant adalah sebagai berikut :

  • Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku. KTP harus asli dan tampak jelas terbaca.  Apabila KTP dalam kondisi tertentu, harap lampirkan dokumen tambahan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), paspor, atau Kartu Keluarga (KK).
  • Foto diri dengan memegang KTP harus terlihat jelas.
  • Foto Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) asli.
  • Foto daftar menu restoran lengkap dengan harga yang akan ditampilkan di aplikasi Grab.
  • Foto Makanan sesuai dengan menu. Foto makanan bisa lebih dari satu. Makin banyak foto makanan makin menarik bagi pemesan.
  • Foto tampak luar restoran juga diperlukan untuk cara daftar GrabFood.
  • Pastikan bangunan restoran terlihat jelas dan tidak terpotong dengan tulisan nama resto di spanduk, stiker, atau kertas jelas. Untuk toko rumahan, harus melampirkan foto pemilik dengan banner yang ada di depan rumah.
  • Foto tampak dalam restoran. Pastikan terlihat kasir, meja makan, atau dapur. Untuk toko rumahan, wajib memperlihatkan foto pemilik resto dengan produk makanan yang dijual di dalam dapur, wajah pemilik resto harus sama dengan foto di KTP dan pastikan wajah pemilik toko dan produk makanan menghadap ke kamera dan terlihat jelas.
  • Foto logo restoran jika sudah ada.
  • Foto buku tabungan atau tampilan e-banking. Pastikan nomor rekening terlihat jelas. Jika pemilik rekening berbeda dengan penanggung jawab utama, maka wajib melampirkan surat kuasa. Format surat kuasa https://grb.to/formsuratkuasaGF.

Jika semua syarat dokumen sudah disiapkan dan sesuai ketentuan, maka bisa mengikuti cara daftar GrabFood merchant di bawah ini.

Cara mendaftar Grab Food

Ikuti langkah berikut untuk bergabung sebagai GrabFood merchat. Ini cara mendaftar Grab Food dilansir dari situs resmi Grab:

Perlu diingat, cara mendaftar Grab Food merchant adalah gratis, tidak dibebankan biaya apapun. Sekali lagi, pastikan telah mengisi data secara lengkap dan benar.

Sangat mudah bukan cara mendaftar Grab Food merchant meski dokumen yang diperlukan cukup banyak. Hal ini semata-mata untuk menjamin keamanan GrabFood merchant dan pembeli kok. Yuk ikuti cara daftar GrabFood merchant di atas!

https://money.kompas.com/read/2021/12/10/140056426/ini-syarat-dan-cara-daftar-grabfood-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke